oleh

Advertorial : Hadiri MPTB Bumdeaa Sumber Rezeki, Sekda Resmikan Peron Jual Beli TBS

Rohul:Riaunet.com-Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) H. Abdul Haris S.Sos M.Si menghadiri Musyawarah Pertanggungjawaban Tahunan Bumdesa (MPTB) BUMDesa Sumber Rezeki Desa Suka Maju, Kecamatan Tambusai, Jum’at (21/2/2020).

Dikegiatan itu, Sekda Abdul Haris juga meresmikan Peron Unit Usaha baru BUMDesa Sumber Rezeki dalam pembelian tandan buah segar (TBS) Kelapa Sawit bekerjasama dengan pihak ketiga. Sekda mengapresiasi BUMDesa Sumber Rezeki terus berinovasi dalam penambahan dan pengembangan Unit-Unit Usaha baru. Ia berharap eskistensi Pengelolaan BUMDesa Sumber Rezeki dapat menigkatkan perekonomian masyarakat.

Dikegiatan MPTB Bumdesa Sumber Rezeki ini dihadiri Kadis DPMPD Rohul Margono S.Sos M.Si, Camat Tambusai Muammer Ghadafi S.Sos, Kepala Desa Suka Maju Indra Atmaja, Kepala Desa Sungai Kumango Ali Husin, Direktur Bumdesa Sumber Rezeki Syawaluddin Siregar dan Perwakilan Korkab Bumdes Rohul serta ratusan masyarakat pemanfaa Bumdes.

Tambah Sekda, Ia mengaku BUMDesa Sumber Rezeki ini mengalami kemajuan dalam mendirikan unit usaha baru, pasalnya sebelumnya Bumdesa Sumber Rezeki juga telah menambah 3 Unit Usaha baru di bidang Ayam Petelur, Papan Bunga dan Wahana Permainan Anak-Anak. Sehingga dari pengelolaan BUMDesa Sumber Rezeki ini sebagai perwujudan pengelolaan ekonomi produktif desa yang dilakukan secara transparansi dan akuntabel.

“Pemkab Rohul sangat bangga dengan kemajuan BUMDesa Sumber Rezeki ini, pada Kamis (29/8/2019) tahun lalu, saya ikut bersama pak Bupati meresmikan unit usaha Wahana Permainan anak-anak, ayam petelur dan papan bunga Bumdes ini, pada hari ini unit usaha peron juga telah diresmikan, ini bagus sekali untuk membantu petani sawit kita tentu harganya bisa tinggi dibanding dijual dengan toke,” harapnya

Lanjut Abdul Haris, BUMDesa Sumber Rezeki ini membangun ekonomi masyarakat dimulai dari Desa dengan mengedepankan potensi desa, tentunya dengan harapan pertumbuhan Bumdes ini harus menjadi pilar terdepan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Desa Suka Maju.

Baca Juga:  DPR RI Drs.H.Achmad.M.Si Komisi VIII Tinjauan Sekolah MAK Di Desa Talikumain.

Sementara itu, Kepala Desa Suka Maju Indra Atmaja dalam sambutannya menyampaikan laporan MPTB BUMDesa Sumber Rezeki Desa Suka Maju tahun buku 2019, bahwa Dana awal (UEP-SP) tahun 2010 sebesar Rp 500.000, hingga per 31 Desember 2019 modal Bumdesa telah mencapai Rp 1.523.267.000.

Tambahnya, Jumlah dana yang telah disalurkan hingga 2019 untuk modal kerja dimanfaatkan sebanyak 497 orang sebesar Rp 6.053.896.000, pinjaman konsumtif dimanfaatkan sebanyak Rp 324 orang sebesar Rp 2.266.008.000.

“Sehingga Laba Usaha BUMDesa Sumber Rezeki tahun 2019 ini sebesar Rp 105.067.068, sehingga dapat menyumbang untuk PADes Rp 15.000.000 serta memberikan santunan untuk anak yatim dan kaum dhuafa, dari Usaha yang telah dijalankan seperti Unit Simpan Pinjam, Ayam Petelur, Wahana Permainan, Papan Bunga,” kata Indra Atmaja

Lanjut Indra Atmaja, Rencana usaha tahun 2020 BUMDesa Sumber Rezeki akan membangun BUMdesa Mart dan Jual beli alat bangunan, Sementara untuk unit usaha Jual beli TBS (Peron) Modal dari Bankeu Provinsi telah terealisasi dan diresmikan oleh Sekda Rohul.

“Modal unit usaha Peron jual beli TBS ini bersumber dari Bankeu Provinsi sebesar Rp 161.000.000. Kami mendirikan unit usaha Peron ini melihat peluang yang bagus, karena notabene nya masyarakat kita rata-rata petani sawit, dengan berdirinya Peron ini kami harapkan juga bisa membantu petani sawit dengan harga lebih tinggi dari toke, dengan harapan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” kata Indra Atmaja didampingi Direktur Bumdesa Sumber Rezeki Syawaluddin

Usai acara MPTB BUMDesa Sumber Rezeki, Sekda Rohul Abdul Haris juga menyempatkan meninjau Ponpes Hasanatul Barokah Desa Suka Maju, Kecamatan Tambusai. Kades Suka Maju juga berharap kepada Pemkab untuk menyediakan PDAM dan jalan di Ponpes Hasanatul Barokah serta pengaspalan jalan desa masih ada 1.7 KM dilengkapi dengan drainase dan Lampu jalan.

Baca Juga:  Ketua DPC HNSI Inhil Tinjau Potensi Siput Laut Sebagai Komoditas Ekspor di Kuala Enok

( Adventorial Pemkab Rohul)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 − four =

Jangan Lewatkan