oleh

KLHK RI Gelar Sosialisasi Program Perhutanan Sosial di Perawang

-Siak-31 views

SIAK:Riaunet.com~Kementeri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI mengelar sosialisasi program Perhutanan Sosial di Kecamatan Tualang, kabupaten Siak, Rabu (19/2/2020) di hotel Highland Perawang.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di lokasi kawasan hutan. Sosialisasi ini dihadiri oleh Bupati Siak Alfedri, Direktur Penyiapan Perhutanan Sosial KLHK  Erna Rosdiana, Assiten pemerintahan dan Kesra Budhi Yuwono,Ketua Komisi II DPRD Siak Sujarwo dan camat, serta penghulu kampung se Kabupaten Siak .

Direktur Penyiapan Perhutanan Sosial Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Erna Rosdiana menyebutkan bahwa program Perhutanan Sosial merupakan salah satu solusi dari pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan pemberian akses legal pemanfaatan hutan kepada masyarakat.

” Kawasan hutan dikelola oleh masyarakat yang telah di legalkan oleh pemerintah, seperti kawasan HTI, jika belum maka harus dilakukan legalitas terlebih dahulu,” katanya.

Diharapkan, lanjut dia, melalui sosialisasi Perhutanan Sosial terhadap masyarakat yang berada di dalam kawasan hutan dapat berkontribusi tentang penyelesaikan persoalan dengan masyarakat didalam kawasan hutan yang ada di Kabupaten Siak ini.

“Dengan tujuan itulah kami datang dalam sosialisasi Perhutanan Sosial di Kabupaten Siak,” kata Erna.

Ditempat yang sama, Bupati Siak Alfedri juga menjelaskan bahwa dengan adanya program Perhutanan Sosial ini bagi masyarakat di kawasan dalam hutan lebih sejahtera. Selain itu, diharapkan adanya keterbukaan kawasan hijau di Kabupaten Siak.

“Salah satu kawasan hutan yang telah di buka yakni Danau Zamrud Kecamatan Dayun. Saat ini di wilayah tersebut juga telah dibukanya kawasan yang dimanfaatkan sebagai Ruang Terbuka Hijau,” Ujarnya.

Terlihat bahwa dalam acara tersebut diserahkan juga SK pembebasan lahan di wilayah Teluk Lanus seluas 3.500 hektare sebagai kawasan hutan desa yang bakal dimanfaatkan sebagai lahan tanaman produksi. (rdk)

Baca Juga:  Pamitan di Lubuk Dalam, Syamsuar Resmikan 13 Proyek Infrastruktur

Komentar

Jangan Lewatkan