Lewati Jalan Gambut dan Lumpur, Polsek Siak Kecil Terus Lakukan Sosialisasi Pemilu Damai ke Pelosok Desa

Bengkalis279 views

SIAK KECIL:Riaunet.com~Dalam upaya menyukseskan dan menjaga Kamtibmas Pemilu damai 2024, Polsek Siak Kecil, Polres Bengkalis melakukan patroli dan sosialisasi ke setiap desa di Kecamatan Siak Kecil, salah satunya desa Tanjung Damai yang berada di sebelah timur, dengan jarak tempuh 10 Km, dengan menggunakan kendaraan Gerandong untuk melewati jalan berlumpur, Selasa (18/12/2023).

Diketahui bahwa wilayah hukum Polsek Siak Kecil berada di Kecamatan Siak Kecil yang terdiri dari 17 Desa, termasuk Desa Tanjung Damai yang berada sebelah Timur Kecamatan Siak Kecil dengan Luas Wilayah ± 30 KM² terdiri dari 5 RW dan 11 RT. Dengan jarak ke Kecamatan kota ± 10 KM, dengan jarak tempuh kendaraan di musim Kemarau ± 45 menit dan pada musim hujan ± 1 jam 30 menit.

Adapun jumlah penduduk desa Tanjung Damai Laki-Laki ± 619 Jiwa dan Perempuan ± 605 Jiwa. Pada pemilu 2024 mendatang jumlah TPS ada sebanyak 4 TPS, dengan jumlah DPT (Daftar Pemilih Tetap), sebanyak 287 Pemilih pada TPS l, 275 pemilih pada TPS ll , 199 pemilih pada TPS 3 dan sebanyak 184 pemilih di TPS lV. Sementara pada penambahan Pemilih DPT-b saat ini ada sebanyak 6 Pemilih.

Hal ini disampaikan Kapolsek Siak Kecil, Ipda Eko Wahyu di dampingi anggotanya disela sela kegiatan patroli dan sosialisasi ke masyarakat desa Tanjung Damai, sesuai data KPU dari DPT dan DPT-b pihak kecamatan dan desa kepada awak media.

Kapolsek Siak Kecil Ipda Eko Wahyu NB SH MH mengatakan bahwa melakukan patroli sekaligus sosialisasi ini, kita melewati perkebunan masyarakat yang harus ditempuh dengan kendaraan yang disebut Gerandong, alat angkut buah sawit, yang sudah dimodifikasi menjadi roda 3 menggunakan roda Mobil.

Baca Juga:  Begini Kejadian Dugaan Tewasnya Seorang Gadis di Kamar Hotel Wisata Bengkalis

“Ya, dengan menggunakan kendaraan tersebut, kita bisa sampai pada titik lokasi, untuk menyampaikan pesan Kamtibmas sekaligus Colling Sistem agar pemilu 2024 berlangsung damai,” Ujar Kapolsek IPDA Eko.

Kami Berjibaku melewati lumpur gambut melakukan sosialisasi bersama PPS dan Linmas desa Tanjung Damai untuk menyampaikan pesan Kamtibmas kepada calon pemilih dan calon pemilih tambahan yang hak pilihnya baru di pindahkan dari Kabupaten diluar Bengkalis.

“Terkait hal itu, telah mendapat keterangan dari salah satu calon pemilih hak pilih baru, dijelaskan, bahwa beliau baru pindah dari Unjung Batu Kabupaten Rokan Hulu ke desa Tanjung Damai berkumpul bersama keluarganya untuk menjaga dan bekerja di perkebunan sawit,” Kata Ipda Eko Wahyu menceritakan.

Disela kegiatan itu, salah satu warga Wagito, saat di tanya menyampaikan rasa senang dan merasa terbantu dengan adanya kegiatan patroli dan sosialisasi oleh pihak kepolisian khususnya Polsek Siak kecil bersama PPS.

“Kami merasa diperhatikan hak pilih kami, dan tidak ada rasa ragu-ragu mendaftarkan diri untuk memilih anggota Legislatif calon Presiden dan calon Wakil Presiden,” ujar Wagito.

Diceritakan Kapolsek lagi, selain itu, masih banyaknya DPT-b di desa lainya, itu akan di lakukan kroscek dan kami kunjungan lagi. Agar tersampaikan hak pilihnya di masing-masing Desa dan TPS Se Kecamatan Siak Kecil, supaya terciptanya Pemilu 2024 secara damai.

“Selain desa Sumber Jaya, menurut data yang ada saat ini DPT-b yang terbanyak adalah di desa Muara Dua, yaitu sebanyak 49 pemilih baru dan kedua terbanyak di desa Sungai Linau yaitu sebanyak 25 pemilih baru, ” Jelas Kapolsek.

Terkait hal itu, saat ini yang menjadi permasalahan adalah Aplikasi yang di buat oleh KPU RI belum terbuka maksimal, untuk menginput DPT-b yang akan menjadi pemilih tambahan.

Baca Juga:  Terus Berkeliling, Koramil 05/Bukit Batu Lakukan Sosialisasi Terkait Cegah Covid-19

“Semoga dengan kunjungan ini, KPU RI dapat menfasilitasi Keluhan masyarakat terhadap Permasalahan hak pilih agar dapat diselesaikan secara cepat dan Efesien,” Kata Kapolsek Eko lagi.

Untuk sosialisasi Pemilu damai ini, Kapolsek bersama Personil Polsek Siak Kecil serta petugas Pemilu 2024 yakni, PPS dan Linmas desa juga akan rutin ikut sosialisasi ini, dan di lanjut hari selasa 19 Desember 2023 dengan melakukan Sosialisasi ke Dusun Sumber Makmur Desa Sumber Jaya.

“Dikarenakan Akses jalan menuju desa pada saat ini memang hanya bisa dilakukan dengan menggunakan Grandong, maka ini juga akan kita lakukan kedesa-desa terpencil lainnya. Itu agar tidak ada pilih kasih pelayanan kepada masyarakat yang sangat membutuhkan perhatian khusus pada pemilu serta tercipta pemilu damai tahun 2024” Tutup Kapolsek.

(Andi)

Komentar