Bupati Rohil Programkan Internet Murah Pedesaan dan Jadikan Bagansiapiapi Prototype Kota Digital 

Advertorial, Rohil148 views

ROHIL:Riaunet.com~Teknologi informasi dan komunikasi saat ini sudah sangat berkembang dari mulai perkotaan hingga pedesaan. Dengan Jangkauan jaringan Internet saat ini sangat memberikan manfaat bagi masyarakat di perkotaan sampai pedesaan. Baik dalam menunjang kinerja sistem informasi maupun dalam berbagai hal dalam meningkatkan ekonomi masyarakat.

Dengan adanya jaringan internet, masyarakat dapat mencari berbagai informasi, baik di bidang pemerintahan, pertanian, peternakan dan ekonomi dengan lebih cepat.

Namun untuk daerah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) sendiri, masih banyak wilayah yang sulit untuk mendapatkan internet, karena keterbatasan peyediaan dari beberapa penyedia jaringan telekomunikasi, dan hal ini menjadi salah satu keluhan ditengah-tengah masyarakat.

Minimnya jaringan internet di pedesaan menyebabkan harga internet juga masih tergolong tinggi bagi kebanyakan masyarakat di pedesaan.

Melihat kondisi tersebut, Bupati Rohil Afrizal Sintong SIP dengan cepat dan  tanggap langsung merespon keluhan masyarakatnya. Melalui Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfotiks) dibawah pimpinan Indra Gunawan SE MH bersama Kadis PMD Yandra S.I.P M. Si beberapa waktu lalu mencoba melobi salah satu penyedia provider ber plat merah dan lobi tersebut membuahkan hasil.

Kadis Kominfotik Rohil Indra Gunawan, SE MH menyebutkan, Pemda Rohil melalui Diskominfotiks akan segera membuka akses internet murah dan cepat bagi masyarakat di Desa-desa/kepenghuluan.

“Alhamdulillah kita sudah berhasil menggandeng salah satu provider plat merah. Ini merupakan inisiatif pak Bupati untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mengakses internet. Sehingga, informasi mudah didapatkan,” Ucap Indra.

Pihak Provider ketika akan melakukan pemasangan jaringan Internet Pedesaan di Rohil

Indra Gunawan memaparkan, untuk uji coba internet murah dan cepat tersebut pada tahap awal akan dilaksanakan di tiga wilayah kepenghuluan. Dimana, tiga wilayah yang dimaksud yakni, Bangko Pusako, Ujung Tanjung dan Bagan Batu.

“Bagi masyarakat yang mau hanya dikenakan Rp 140 ribu per bulannya dengan kecepatan internet 10 Mbps. Ini betul-betul untuk membantu masyarakat,” terangnya.

Jaringan Internet itu kata Indra, nantinya akan disalurkan melalui jaringan kabel optik. Dimana, pemasangan dan peralatan nya secara keseluruhan gratis dan hanya membayar biaya bulanan.

“Sebelumnya kita sudah melaksanakan survey bersama pihak provider dan dalam waktu dekat akan kita jalankan. Sebelum pemasangan kita terlebih dahulu akan melaksanakan sosialisasi terhadap masyarakat dan pihak kepenghuluan,” Ujar Indra lagi.

Baca Juga:  APBD Rohil Tahun 2023 di Sahkan Rp 2,2 Triliun

Indra Gunawan juga menjelaskan bahwa dalam kerjasama dengan pihak provider salah satu plat merah itu, Pemda Rohil tidak mengeluarkan anggaran dari APBD dan murni investasi dari pihak provider.

“Tiga wilayah percobaan awal tersebut telah dipasang infrastruktur, seperti Jaringan backbone dan OLT pada tiang-tiang listrik milik PT PLN,” jelasnya.

Sementara untuk pengelolaan internet murah itu sendiri nantinya akan di kelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) masing-masing wilayah mulai dari pemasangan hingga pembayaran.

“Jadi nantinya BUMDes bisa memiliki penghasilan. Kita juga sudah melakukan studi banding kewilayah yang sukses menyelenggarakan program tersebut seperti Kabupaten Kediri Jawa Timur dan Sukabumi Jawa Barat, ” ungkapnya.

Pengadaan jaringan internet murah dan cepat ini jelas Indra, juga akan membuka lapangan pekerjaan baru di desa. Mulai dari tenaga administrasi, operator, marketing maupun maintenance jaringan. Karena murni pengelolaan dijalankan oleh BUMDes. Sementara pihak provider berinvestasi untuk membuka akses dan infrastrukturnya.

“Pihak BUMDes juga akan mendapatkan pemasukan dari pola marketing dan pemeliharaan jaringan. Jadi jaringan internet mereka pelihara sendiri, tanggungjawab sendiri agar terus berjalan lancar,” terang Indra Gunawan

Kadis Kominfo Rohil, Indra Gunawan SE. MH, beserta jajaran berinteraksi langsung dengan masyarakat dalam menyampaikan Program Internet Pedesaan

Jika program ini berhasil, maka predikat desa digital di kabupaten Rohil akan segera terwujud. Dimana sebutnya, desa digital ini adalah program kementrian desa dan disuport oleh kementrian Kominfo.

“Jadi dalam program internet murah dan cepat di desa ini kita juga bekerjasama dengan Dinas PMD untuk mewujudkan desa digital, desa digital adalah program kementrian desa dan disuport oleh kementrian kominfo,” kata Indra.

Apalagi sebut Indra, investasi dalam membuka akses internet di Kabupaten Rohil dengan topografi wilayah yang sangat beragam bukanlah jumlah yang sedikit. Sehingga, Ia mengajak seluruh lapisan agar bersama mendukung program internet murah tersebut.

“Pak bupati juga menginginkan agar seluruh sekolah-sekolah dan puskesmas di wilayah pelosok desa ditargetkan dapat terhubung seluruhnya  pada akhir tahun 2024. Mari bersama-sama kita sukseskan program internet murah ini demi peningkatan akses informasi maupun aktifitas perekonomian masyarakat pedesaan,” ajaknya.

Sebab tambah Indra, dengan internet pasar produk desa yang biasanya terbatas secara geografi, bisa menembus batas hingga ke seluruh dunia. Internet juga dapat menjadikan birokrasi dan transparansi pemerintah desa menjadi lebih baik, dengan tersedianya sarana grup media sosial maupun forum warga berbasis internet.

Baca Juga:  Bupati Rohil Afrizal Sintong Kunjungi Pondok Pesantren As Sunnah

“Banyak hal lain di desa yang mungkin berkembang, desa bisa menjadi sumber dan akses ekonomi yang sangat besar, kreativitas warga akan lebih terasah, pendidikan yang lebih baik yang pada akhirnya dapat menggali potensi desa lebih maksimal,” harapnya.

BAGANSIAPIAPI menuju Smart City, Selain fokus pada bidang pembangunan infrastruktur dan pengembangan jaringan internet di pedesaan, Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong SIP juga memiliki program menjadikan Bagansiapiapi sebagai Smart city atau menjadi prototype kota digital di Kabupaten Rokan Hilir.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Bupati Rohil melalui Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfotik) Indra Gunawan SE MH telah melakukan lobi terhadap salah satu anak perusahaan BUMN yakni PT. Icon Plus Indonesia.

“Saya telah berkoordinasi dengan GM PT Icon dan mereka sangat mendukung gagasan pak Bupati ini,” kata Indra Gunawan SE.MH.

Smart city sendiri  merupakan konsep pengelolaan kota yang berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) agar kota menjadi lebih cerdas dan efisien di dalam pemanfaatan berbagai sumberdaya yang ada, serta meningkatkan pelayanan dan kualitas kehidupan masyarakat kota.

Sebagai bentuk dukungan Pt Icon Plus dalam pengembangan program smartcity Bagansiapiap untuk tahap awal tahun ini pihak icon akan memasang 3 titik CCTV di persimpangan dalam kota Bagansiapiapi.

“Ini diberikan secara cuma-cuma oleh PT Icon dengan CCTV resolusi tinggi tanpa menggunakan APBD,” tegas Indra.

Sebelum pemasangan CCTV nantinya sebut Indra, terlebih dahulu akan dilakukan survey untuk menentukan lokasi yang tepat dalam pemasangan tahap awal.

Program smartcity Bagansiapiapi ini berkaca dari berbagai wilayah yang ada di Indonesia seperti pulau jawa. Dimana, hampir di setiap persimpangan gang sudah memiliki CCTV. Smartcity ini juga, akan memudahkan dalam pemantauan dan pengawasan serta peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

“Kita berharap ke depan ibu kota Bagansiapiapi akan menjadi prototype kota digital di kabupaten Rokan Hilir,”  harapnya. (Advertorial Pemkab Rohil).

Komentar