oleh

Desa Pakning Asal Gelar Pelatihan Pengelolaan Bumdesa Bersama Tiga Narasumber

BENGKALIS:Riaunet.com~Upaya pemerintah untuk menggali dan mengembangkan potensi Desa hingga saat ini masih terus di maksimalkan, yakni melalui Undang-Undang (UU) desa no.6 tahun 2014.

Dalam merespon undang-undang tersebut, desa pakning asal, kecamatan bukit batu,kabupaten bengkalis mengelar pelatihan Badan Usaha Milik Desa (Bumdesa) di kantor desa pakning asal, pada Rabu kemaren (11/9).

Kepala desa Pakning Asal, Jaswir mengatakan, pelatihan ini kita lakukan di kantor desa, melalui pelatihan ini agar jajaran pengurus bumdes serta warga mendapat pemahaman tentang status hukum bumdes, tata kelola dan fungsi bumdes dalam upaya penggalian dan pengelolaan dalam pengembangan potensi desa.

“Diakuinya bahwa potensi di desanya sangat banyak, namun hingga saat ini perlu di gali dan di kembangkan untuk peningkatan ekonomi masyarakat, supaya secara maksimal diberdayakan,” kata Kades.

Kades Pakning Asal, Jaswir juga menjelaskan, sudah jelas bisa mengurangi pengangguran, jika Bumdes Pakning Bsal ini berjalan dengan baik dan sesuai apa yang kita harapkan selama ini.

“Ya, secara otomatis akan mengangkat ekonomi desa nantinya,” jelas dia.

Dalam acara tersebut, kepala desa didampingi sekdes All, ketua BPD Amir, selainitu juga bahwa acara ini juga menghadirkan tiga narasumber, yakni Fakhtiar Qadri,S.Sos, (koordinator ekonomi kabupaten Bengkalis), Fitri Sumarni,SH (analis keuangan), ,dan Marvin Samudra,S.IP (advisor ekonomi),.

Selain itu juga diketahui bahwa acara tersebut langsung dihadiri oleh Direktur Bumdes, Wirda Nst, S.Pd serta pengurus bumdes, pendamping ekonomi,Vika raja, pendamping kecamatan, Rafika,juga bidang pembangunan.dan ketua UED sp beseta angggota.

Sementara itu, Fitri Sumarni, selaku analis keuangan mengatakan, hal terpenting dalam pelatihan ini adalah agar pengurus Bumdes serta unit-unitnya bisa dapat benar-benar memahami tata kelola adminitrasi bumdes dengan baik, serta memahami apa saja usaha usaha yang benar-benar perlu dikembangkan dalam mengali potensi.

Baca Juga:  Berikut Nama-Nama Caleg Terpilih yang Duduk di DPRD Bengkalis 2019-2024

“Saya dan teman-teman narasumber berharap kepada pengurus bumdes bahwa melalui pelatihan ini, selain dari pemahaman tentang bumdes,j uga bisa mendorong perkembangan dalam mengembangkan ide nya, baik dalam menggali potensi, serta apa yang akan di kembangakan agar bisa berjalan baik dan berhasil,” imbuhnya. (cok)

Komentar

Jangan Lewatkan