oleh

Ketum KPOTI Bengkalis Silaturahmi Bersama Kelompok Permainan Rakyat

BENGKALIS:Riaunet.com~Ketua Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia (KPOTI) Kabupaten Bengkalis, Rahmah Yenny S,Sos, M,Si melakukan Silaturahmi bersama Kelompok Permainan Rakyat di ruang rapat fraksi Golkar jalan Antara Bengkalis, Rabu sore (7/10/2020) sekitar pukul 17 30 Wib.

Ketua Bidang Pertandingan KOPTI, Asir menyampaikan bahwa ada beberapa permainan rakyat atau permainan tradisional serta seni tradisional masyarakat kabupaten bengkalis yang akan kita bina dan kembangkan, antara lain, Jong titis, Gasing, Layang-layang, Sampan layar tradsional, Zapin, Rebana, Gendang panjang, Kompang dan lain lain.

“Permainan tradisional Bengkalis yang biasanya sering dimainkan anak-anak sebelum munculnya era internet dan ponsel pintar. Sayangnya generasi sekarang lebih tertarik bermain melalui dunia virtual yang terkoneksi lewat internet,” ujar Asir.

“Dan juga, permainan rakyat dan olahraga tradisional perlu diperkenalkan kembali secara masif kepada masyarakat luas, upaya ini dilakukan sebagai Pemanfaatan Objek Pemajuan Kebudayaan bertujuan salah satunya untuk membangun karakter bangsa,” tambahnya.

Sementara itu Ketua umum KOPTI Bengkalis, Rahmah Yenny S,Sos, M,Si menjelaskan bahwa manfaat strategis dalam permainan rakyat adalah sebagai sarana pembangunan karakter karakter bangsa sebagaimana amanat dalam Perpres nomor 87 tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter yang juga turut mendukung implementasi Revolusi Mental,”ujar ketua KOPTI Bengkalis

“Nilai-nilai penguatan pendidikan karakter seperti jujur, bekerja keras, peduli sosial dan peduli lingkungan akan lebih mudah tertanam bila dimasukkan dalam konsep permainan rakyat yang menghibur dan menyenangkan, dan pastinya lebih nyata dari pada permainan virtual. Sebagai dari hiburan, objek permainan rakyat nantinya diupayakan jadi pendorong objek pariwisata kabupaten Bengkalis,”Jelas Rahmah Yenny.

“Kami yakin bila kita sinergi kuat yang melibatkan semua sektor dan dibungkus dengan inovasi baru, permainan rakyat bengkalis akan punya pengaruh dalam peningkatan kesejahteraan rakyat karena mampu menarik wisatawan,” tambahnya.

Baca Juga:  M Fadhli Bantah Adanya Perampasan Aset di Rumdis Bupati Bengkalis

Pada kesempatan itu juga, sekretaris umum KOPTI Marwan Sarwi Siregar, S.Pd.I menyebutkan bahwa dalam waktu dekat ini ingin mengadakan seminar atau sosialisasi tentang KPOTI Kabupaten Bengkalis.

“Hal ini guna meningkatkan mutu permainan Rakyat dan olahraga tradisional yang ada di wilayah kabupaten bengkalis,”pungkasnya. /sahrany (Cok)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nineteen + one =

Jangan Lewatkan