Masyarakat Binaan Pertamina TBBM Sei Siak Manfaatkan Pupuk dari Eceng Gondok Untuk Kebun Sehat

Pekanbaru295 views

Pekanbaru:Riaunet.com-Setelah sukses meluncurkan produk Pupuk Organik “Super Hara EG-21”, yang terbuat dari bahan dasar eceng gondok, kini kelompok masyarakat Tanjung RHU binaan Pertamina TBBM Sei Siak bersama PKPU Human Initiative (HI) Riau merintis usaha kebun sehat untuk mewujudkan ketahanan pangan lokal ,(16/9/18).

Pada tahun 2017 Pertamina TBBM Sei Siak telah memberikan program pelatihan pembuatan pupuk organik dari enceng gondok. Program Pelatihan Eceng Gondok merupakan serangkaian pelatihan dan pembinaan dalam pengolahan eceng gondok menjadi pupuk untuk menangani permsalahan eceng gondok yang ada di Sungai Siak sehingga menjadi produk yang memiliki nilai ekonomi dan meningkatkan pendapatan masyarakat di Tanjung Rhu. Program ini meliputi pembentukan kelompok usaha Bersama, pelatihan skil pengolahan eceng gondok dan pemasaran produk. Kini Pertamina TBBM Sei Siak kembali melakukan pendampingan masyarakat Tanjung RHU yang berfokus pada pembentukan brand produk, peningkatan produksi dan pemasaran produk yang sudah dihasilkan. Selain itu masyarakat juga diberikan pelatihan mengenai ketahanan pangan lokal.

Untuk mewujudkan ketahanan pangan di Kelurahan Tanjung RHU, masyarakat membuat kebun sehat dengan hidroponik Beragam jenis tanaman di tanam di kebun sehat ini seperti bayam, kangkung, sawi, dan lain sebagainya. Untuk menjaga kesuburan tanaman, masyarakat Tanjung RHU memanfaatkan pupuk organik “Super Hara EG-21” yang dipercaya mengandung berbagai macam unsur hara yang di butuhkan tanaman. Diharapkan dengan adanya kebun sehat, bisa terwujud ketahanan pangan di kelurahan Tanjung RHU. “Ucap Eko Raharjo, Project Office PKPU HI Riau. [rls].

Baca Juga:  Naik Vespa dan Diarak Saat Daftarkan Bacaleg, Demokrat Riau Tekankan Hal Ini Ke Bacaleg

Komentar