oleh

Pemkab Rohul Motivasi Masyarakat Kembangkan Budidaya Ikan Lele Sistem Bioflok

Rohul:Riaunet.com-Untuk kesekian kalinya kelompok masyarakat di Rokan Hulu berhasil membudidayakan ikan lele dengan sistem Bioflok.

Seperti hari ini, Rabu 6 Agustus 2020, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan kabupaten Rokan Hulu Barikun, bersama Seretaris daerah Kabupaten Rokan Hulu, Abdul Haris, Staf Ahli Ekonomi dan Pembangunan,Kepala Dinas Pariwisata,Camat Ujung Batu, Lurah Ujung Batu, Kepala Desa dan Masyarakat sekitar, dengan gembira panen 3.5 ton ikan lele di kolam sistem bioflok milik kelompok budi daya ikan ” Berkah Bersama” di kelurahan Ujungbatu Kecamatan Ujungbatu, Rokan Hulu.

” Budi daya ikan dengan sistem Bioflok merupakan inovasi terkini yang sangat menguntungkan bagi pengusaha untuk budidaya ikan dan harus dikembangkan di Pokdakan lainnya di Kabupaten Rokan Hulu”, ujar Kepala DKPP Rohul Barikun.

Usaha yang dibangun 10 orang Kelompok Berkah Bersama Ujungbatu ini , selain posisinya sangat baik, sistem pengairannya berkualitas dan sangat cocok untuk pengembangan budidaya ikan lele, anggota kelompoknya juga menguasai teknis bidi daya ikan lele secara profesional. Kemudian untuk pemasaran juga sangat mudah karena dekat dengan pasar ujungbatu.

Untuk itu, pemerintah kabupaten Rokan Hulu melalui Sekda , Abdul Haris, menyalurkan bantuan dana senilai Rp 200 juta untuk pembuatan 10 set lengkap kolam bioflok.

” Bantuan itu untuk memotivasi pelaku usaha agar lebih giat lagi dalam upaya meningkatkan produksi perikanan melalui inovasi budidaya ikan lele dengan sistem Bioflok. Dan agar bisa memenuhikebutuhan/ permintaan pasar secara kontinyu dengan jenis ikan yg lebih sehat dan berkualitas bisa bersaing dalam pemasarannya. Dan kedepan jika kolam biofloknya sudah jadi , tempat ini bisa dijadikan tempat untuk pelatihan bagi pembudidaya ikan lele pemula”, ujar Sekretaris Daerah Kabupaten Rokan Hulu, Abdul Haris.(Ada/PemkabRohul)

Baca Juga:  Galery Paripurna Penyampaian LKPJ Bupati Rokan Hulu Dan Ranperda PJ Tahun 2018

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nineteen + 4 =

Jangan Lewatkan