Peringatan Hari Anak Nasional dan AIDS Se-dunia, Ini Harapan Sekda Siak

Siak127 views

SIAK:Riaunet.com~Puncak Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tingkat Kabupaten Siak Tahun 2023, dengan mengangkat tema “Anak Terlindungi Siak Hebat Indonesia Maju”, dan Peringatan Hari AIDS Sedunia Tahun 2023 berlangsung meriah.

Bupati Siak Alfedri diwakili Sekretaris Daerah (Sekda), Kabupaten Siak Arfan Usman mengatakan, peringatan Hari Anak Nasional tingkat Kabupaten Siak tahun 2023, merupakan momentum penting dalam menggugah kepedulian dan partisipasi seluruh komponen anak bangsa.

Termasuk menjamin pemenuhan hak anak atas hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara Wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari segala bentuk kekerasan dan Diskriminasi.

“Momentum Hari Anak Nasional ini, kedepannya mampu mendorong kita semua, mulai dari unsur Pemerintah, Dunia Usaha, Lembaga/ Organisasi Kemasyarakatan, Dunia Pendidikan, Media Massa dan Masyarakat untuk menjadi leading sector dalam melakukan kerja-kerja aktif yang berdampak langsung terhadap tumbuh kembang anak dengan melakukan upaya pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak di sektor masing-masing”, harap Arfan.

Arfan juga mengucapkan selamat kepada semua pihak, atas keberhasilan Kabupaten Siak mendapatkan penghargaan Kota Layak Anak (KLA) kategori utama oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI.

Pemerintah Kabupaten Siak terus berkomitmen memperbaiki dan meningkatkan program dan layanan yang ada, agar sesuai dengan kebutuhan dan potensi anak-anak di Kabupaten Siak.

“Saya percaya bahwa melalui pemenuhan hak dan perlindungan yang tepat, anak-anak ini akan dapat tumbuh menjadi pribadi yang tangguh, dan berkontribusi secara positif ditengah masyarakat nantinya”, terang Sekda Siak tersebut.

Masih kata Arfan, dengan peringatan Hari AIDS Sedunia Tahun 2023 ini, Pemerintah Kabupaten Siak juga mempunyai komitmen kuat untuk mengakhiri Epidemi HIV 2030 yang disebut Ending AIDS 2030. Sebab, pencapaian Ending AIDS pada 2030 sejalan dengan Visi Presiden Republik Indonesia untuk mewujudkan manusia Indonesia yang sehat, produktif, mandiri dan berkeadilan.

Baca Juga:  Sebanyak 484 Orang Warga Binaan Rutan Kelas IIB Siak Dapat Remisi Umum

Selain menghadiri Peringatan HAN tingkat Kabupaten Siak tahun 2023, serta Peringatan Hari AIDS Sedunia Tahun 2023. Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Arfan Usman jaga melantik Pengurus Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesia (APSAI) Kabupaten Siak Periode 2022-2027, yang dilaksanakan di Aula Bunut PT. Indah Kiat Pulp and Paper Perawang, Kecamatan Tualang, Kamis (7/12/2023).

Pada pelantikan itu, mewakili perusahaan di lantai Armadi dari PT Indah Kiat Pulp and Paper, sebagai ketua umum APSAI Kabupaten Siak periode 2022-2027

Ketua panitia pelaksana Hari Anak Nasional (HAN) tingkat Kabupaten Siak tahun 2023, dan Peringatan Hari AIDS Sedunia Armadi  menyampaikan di selengkapnya kegiatan bentuk penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak anak sebagai generasi penerus bangsa.

“Sedangkan tujuan dari Peringatan HAN diharapkan mampu meningkatkan peran pelopor dan pelapor (2P). Menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman untuk anak, ruang berkualitas dalam rangka meningkatkan pengasuhan keluarga sebagai upaya pencegahan kekerasan dan eksploitasi terhadap anak”, jelas Armadi.

Pihaknya, mendorong stakeholders terkait dalam pembangunan mulai dari unsur pemerintah, dunia usaha, lembaga kemasyarakatan, dunia pendidikan, media massa, masyarakat, orang tua/keluarga dan juga anak untuk menjadi leading sector dalam melakukan kerja-kerja aktif, yang berimplikasi terhadap peningkatan upaya pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak.      (rls)

Komentar