oleh

Peringati 24 Tahun Kecamatan Rambah Samo, Sekda: Pertahankan Potensi Lumbung Pangan

-Rohul-16 views

Rokan Hulu:Riaunet.com~Kecamatan Rambah Samo pada 4 September 2019 lalu telah menginjak usianya yang ke 24 tahun. Pemerintah Kecamatan Rambah Samo, dibawah pimpinan Camat Adi Irawan, menggelar peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) kecamatan Rambah Samo ke 24 tahun 2019 dengan meriah, pada Kamis (19/9/2019), dihalaman Kantor Camat Rambah Samo.

Hadir dalam kesempatan itu Sekretaris Daerah Kabupaten Rokan Hulu Abdul Haris, Ketua Dharmawanita Kabupaten Rokan Hulu Neti Herawati, pejabat yang pernah mengabdi sebagai Camat Rambah Samo seperti Safrudin Masri, Sri Mulyati, Zulhendri, Zulbahri, dan Camat Rambah Samo saat ini Adi Irawan, Anggota DPRD Rokan Hulu Andrizal, upika Kecamatan Rambah Samo, Kepala Desa beserta perangkatnya se-Kecamatan Rambah Samo, para pegawai, dan pelajar di Kecamatan Rambah Samo.

Peringatan HUT Kecamatan Rambah Samo ke 24 ini diawali dengan pelaksanaan gerak jalan santai. Karena kabut asap, setiap peserta jalan santai dibekali masker.

Kemudian, untuk memperingati Hari Jadi Kecamatan Rambah Samo ini, digelar pemotongan nasi tumpeng oleh Sekda Kabupaten Rokan Hulu, dan diberikan kepada Pejabat yang pernah menjadi Camat Rambah Samo.

Seketaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rokan Hulu Abdul Haris menyampaikan, dalam perjalanan sejarah berdirinya Kecamatan Rambah Samo, Camat pertama yakni Safrudin Masri membangun Kecamatan Rambah Samo dengan rasa persatuan dan kebersamaan. Untuk itu Abdul Haris menghimbau agar semangat kebersamaan itu terus berkobar untuk mendukung program pemerintah dan memajukan Rambah Samo, Rokan Hulu pada umumnya.

Sebagai Kecamatan lumbung padi di Rokan Hulu, Sekda Rokan Hulu berharap Pemerintah Kecamatan Rambah Samo dapat melihat sejarah dimasa lalu, mendukung program pemerintah dimasa sekarang dan mengevaluasi serta menata program yang lebih baik untuk masa depan.

Baca Juga:  Hamulian-Teddy, Pasangan Balon Bupati- Wabup Kompak

“Untuk Rambah Samo kita punya program untuk mengembangkan potensi dan lahan persawahan, serta menghentikan konversi lahan sawah menjadi kebun sawit dan kebun karet. Pemkab Rohul bersedia membantu mencetak sawah jika ada lahan kosong milik masyarakat. Apalagi sudah dibangun irigasi OSAKA,” Ujarnya.

Sementara itu, Camat Rambah Samo, Adi Irawan, mengatakan bahwa diusianya yang ke 24 , Rambah Samo meraih banyak prestasi. Prestasi terbaru yakni juara umum lomba cipta menu serba ikan tingkat kabupaten Rokan Hulu, yang sudah dua tahun berturut-turut. Rambah samo sebagai kecamatan terbaik di Rohul juga akan mengikuti penialaian kecamatan terbaik tingkat provinsi Riau tahun 2019.

“Harapan Kami agar kedepan Kecamatan Rambah Samo lebih baik lagi. Pembangunan lebih digiatkan, baik melalui APBD, maupun ADD,” Katanya.

Terkait program pemkab Rohul untuk mempertahankan Kecamatan Rambah Samo sebagai lumbung pangan , dengan pengembangan lahan persawahan, Camat Rambah Samo Adi Irawan mengaku ada ratusan hektare lahan potensi persawahan di Rambah Samo yang tersebar di lima desa yakni Rambah Baru, Rambah Utama, Pasir Maju, Masda Makmur dan Karya Mulya.

“Kita Optimis dapat mempertahankan Rambah Samo sebagai lumbung pangan, karena keberadaan bendungan dan aliran OSAKA sudah sampai ke Karya Mulya, dan irigasi sekunder pun telah tuntas diganti rugi. Jika air susah sampai ke lahan masyarakat, maka potensi sawah akan dapat dipertahankan dan bahkan bertambah,” Imbuh Adi Irawan. (Na)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × three =

Jangan Lewatkan