oleh

PT. ISB Buatkan Warga Rambah Kebun Kas Desa 5 Ha

Rohul:Riaunet.com- Dalam rangka membangun ekonomi masyarakat desa sekitar perusahaan, PT Indomakmur Sawit Berjaya yang merupakan anak perusahaan Musim Mas Group, yang berada di desa Rambah Kecamatan Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu, membangun pola kemitraan dengan pemerintah Desa setempat, dalam hal membangun kebun Kas desa . Kebun Kas Desa ini dibangun untuk menambah PAD desa dan sekaligus mengedukasi masyarakat tentang perkebunan kelapa sawit yang benar agar menghasilkan buah sawit yang super.

Program yang sudah dirancang sejak 2 tahun yang lalu ini, baru terealisasi Senin 7 Desember 2020. Program kebun kas desa seluas 5 hektar ini di launching oleh Bupati Rokan Hulu Haji Sukiman, kemudian Bupati Rokan Hulu juga diperkenankan untuk melakukan penanaman kelapa sawit Perdana di lahan perkebunan Desa rambah tersebut.

Penanaman perdana oleh Bupati Rokan Hulu Haji Sukiman dipandu langsung oleh tenaga ahli perkebunan PT. ISB yakni Iwan Hartawan yang juga merupakan salah seorang manajer di perusahaan tersebut.

Menurut Iwan, untuk mendapatkan sawit yang sehat dan unggul, maka proses penanaman bibit sawit pun harus menjadi perhatian para petani. Untuk itu dalam kesempatan tersebut Iwan langsung membeberkan cara menanam bibit kelapa sawit yang benar dan dipraktekkan oleh Bupati Rokan Hulu Haji Sukiman.

Usai melakukan penanaman Perdana, kepada wartawan Riaunet.com Iwan Hartawan mengatakan pola kemitraan yang dibangun dengan pemerintah Desa rambah ini mulai dari investasi ganti rugi lahan seluas 5 hektar , pembersihan lahan, penyediaan bibit dan penanaman bibit sebanyak 650 batang serta membuka jalan baru menuju kebun Desa sepanjang 1,8 km.

” untuk sistem pembayaran, akan dilakukan nanti setelah kebun seluas 5 hektar Ini menghasilkan, baru kita teken mou”, ujar Iwan Hartawan.

Baca Juga:  Advertorial : Bupati Sukiman Rohul Hadiri Gerakan Bersama Menuju Eliminasi TBC 2030 di Cimahi

Di tempat yang sama, Bupati Rokan Hulu Haji Sukiman sangat berharap kebun Desa rambah ini dapat berhasil untuk 4 tahun kedepan. Karena selain menambah penghasilan Desa, juga akan menjadi contoh kebun kelapa sawit dengan sistem perkebunan yang baik dan benar kepada masyarakat.

Sukiman juga berterima kasih atas perhatian PT. ISB kepada masyarakat, karena menurutnya sangat jarang sekali ada edukasi langsung tentang cara menanam kelapa sawit yang baik dan benar.(Adv/Rohul)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × 3 =

Jangan Lewatkan