Sesuai hasil sidang isbat awal Dzulhijah Hari Raya Idul Adha Jatuh Pada Hari Rabu, 22 Agustus 2018

Bengkalis271 views

BENGKALIS:Riaunet.com~Sesuai hasil sidang isbat awal Dzulhijjah yang digelar di kantor Kementerian Agama (Kemenag), tanggal 1 Dzulhijjah ditetapkan pada Hari Senin, 13 Agustus 2018. Sehingga 10 Zulhijjah atau Hari Raya Idul Adha Hari pada Rabu, 22 Agustus 2018 mendatang.

Sesuai informasi yang sudah terpublikasi, jika pada Idul Fitri 1439 H berhari raya di ibukota Kabupaten Bengkali (di Wisma Daerah Sri Mahkota/kediaman resmi Bupati Bengkalis), pada Idul Adha 1439 ini Bupati Amril Mukminin dijadwalkan bakal merayakan dan melakukan pemantauan penyembelihan kurban di Kecamatan Pinggir.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Bengkalis, Johansyah Syafri mengaku, hingga setakat ini belum mengetahui adanya informasi atau agenda kegiatan Bupati Bengkalis tersebut.

“Sejauh ini belum ada pemberitahuan resmi dari Sub Bagian Protokol Bagian Umum Sekretariat Daerah Bengkalis yang kami terima tentang agenda Bupati Bengkalis pada Idul Adha tahun 2018 ini,” jelas Johan, Sabtu, 18 Agustus 2018.

Johan menjelaskan hal itu usai mengikuti acara ramah tamah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis dengan Veteran, Pejuang 45, Pepabri, Warakawuri, Wredhatama, para Teladan dan Paskibra.

Ramah tamah yang digelar Pemkab Bengkalis sempena Hari Ulang Tahun ke-73 Republik Indonesia itu, ditaja di Balai Kerapatan Adat Sri Mahkota, Wisma Daerah Sri Mahkota Bengkalis.

Sementara itu, berdasarkan data yang berhasil dihimpun, Aparatur Sipil Negera (ASN) Pemkab Bengkalis yang akan ikut berkurban yang dikoordinir Bagian Kesejahteraan Sekretariat Daerah Bengkalis sebanyak 273 orang. Mereka berasal dari sejumlah Perangkat Daerah.

Sedangkan jumlah hewan kurban yang akan disembelih sebanyak 27 ekor sapi dan 15 ekor kambing. Daging hewan kurban tersebut ada yang akan disalurkan ke Perangkat Daerah yang bersangkutan, ada juga ke rumah-rumah ibadah yang ada di kecamatan-kecamatan.

Baca Juga:  Pemdes Pambang Pesisir Serahkan Bantuan Seragam Anak Sekolah

Jika dibandingkan tahun 2017, jumlah hewan kurban dari ASN Pemkab Bengkalis ini sedikit mengalami penurunan.

Sesuai data yang ada, tahun 2017 atau Idul Adha 1438 H, jumlahnya sebanyak 57 ekor sapi. Sedangkan di tahun 2018 ini hanya 27 ekor sapi dan 15 ekor kambing.

Masih di tahun 2017, untuk Sekretariat Daerah (Setda) Bengkalis saja, jumlah hewan kurban sebanyak 25 ekor sapi. Jumlah tersebut diperoleh dari 173 PNS di lingkungan Sekretariat Daerah yang melaksanakan ibadah kurban.

Dari jumlah 25 ekor sapi tersebut, sebanyak 15 ekor langsung dipotong di lingkungan Sekda Bengkalis. Sedangkan sisanya 10 ekor diserahkan kepada masyarakat yang berhak menerimannya. [rom/rls].

Komentar