Tingkatkan Ekonomi Mustahik, Baznas Siak Berkolaborasi Launching Penanaman Perdana Padi

Siak71 views

SIAK:Riaunet.com~Dalam meningkatkan ekonomi mustahik di bidang Pertanian, Baznas kabupaten Siak berkolaborasi dengan Baznas Provinsi Riau melaunching Perdana Penanaman Lumbung Pangan Padi di Kampung Kemuning Muda Kecamatan Bungaraya, kabupaten Siak, Selasa (11/06/2024).

Program ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan para mustahik serta menjadi ketahanan pangan nantinya untuk Provinsi Riau.

Hadir pada kegiatan Launching ini, Ketua Baznas Pronvisi Riau, H. Masriadi Hasan, Lc., M.Sha berserta rombongan, Ketua Baznas Kabupaten Siak H.Samparis Bin Tatan, S.Pd.I , Waka II BAZNAS Kabupaten Siak H. Sukijo, Staff Ahli Bupati Siak bidang Kemasyarakatan dan SDM  Hj. Susilawati, MM, Kadis Pertanian Irwan Saputra, S.Sos, M.Si, Camat Bungararaya ,Penghulu Kampung Se-kecamatan Bungaraya dan para petani lumbung pangan.

Ketua Bazns Siak menyebutkan, pagi hari ini kita bersama-sana berada di lingkungan persawahan, salah satu tujuan ini adalah launching penanaman padi sawah untuk para mustahik. Ini kita sewa lahannya  selama 10 musim lebih, kurang lebih 5 tahun, dan semua pengelolaan ini Alhamdulillah dananya dari Baznas Provinsi Riau.

“Nilai yang digelontorkan senilai 276,5 Jt, ini kita gunakan untuk menggarap lumbung pangan padi. Untuk penerima mustahik 1 musim itu 6 orang, berarti 1 tahun 2 musim, kalau seandainya 3 hektar 1 musim bisa menghasilkan 5 ton saja, berarti 1 musim bisa menghasilkan 15 ton. Kita anggap saja harga gabah 5.000 di kali 15 ton berarti  lebih kurang 75 jt sekali panen dalam 1 musim, ” Sebut Samparis.

“Mudah-mudahan, program lumbung pangan BAZNAS Provinsi Riau dan Kabupaten Siak ini mendapatkan berkan dan ridho Allah SWT. Semoga dengan program ini bisa membuat muzaki dan mustahik bahagia, ” Tambahnya.

Sementara itu, ketua Baznas Provinsi Riau Mengatakan, Riau ini memiliki potensi sumber pertanian yang besar, bahkan kita lihat statistik, kita nomor dua, sumber dari ekonomi dari Riau itu adalah pertanian. dengan banyaknya dorongan dari berbagi pihak, kami berkolaborasi dengan BAZNAS Siak, Alhamudlillah kami bersama-sama bertekad untuk menjadikan pangan ini sebagai basic ekonomi masyakarakat Riau.

Baca Juga:  100 Orang Pelayan Publik di Vaksin, Ini Kata Pj Penghulu Kampung Mandiangin Martinus

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Baznas Siak yang telah bersedia untuk berkolaborasi dengan program ini, sehingga kita sudah ada 3 hektar untuk penanaman perdana, ” Ucap Masriadi Hasan.

“Harapan kami mudah-mudahan launching ini menjadi titik awal dari kebangkitan petani -petani kita di Provinsi Riau untuk mewujudkan ketahanan pangan, khususnya di Provinsi Riau,” Tambahnya.

Ditempat yang sama, Staff Ahli Bupati Siak menjelaskan, untuk acara launching lumbung pangan program kolaborasi Baznas Provinsi Riau dan Siak, tentu saja program ini juga berkoordinasi dengan  Dinas Pertanian kabupaten siak dan dinas terkait lainnya, tentu ini adalah kolaborasi yang cukup baik, kami Pemkab Siak menyambut baik program ini dan sangat mendukung program kolaborasi ini.

“Pemkab Siak mengucapkan apresiasi kepada BAZNAS Provinsi Riau yang telah mengalokasi dana lumbung pangan ini dan ini juga tidak terlepas dari peran dari BAZNAS Kabupaten Siak, suatu saat nanti insyaallah apa yang kita launching hari ini akan betul-betul menjadi lumbung pangan yang mampu mengisi pasar-pasar di Provinsi Riau,” Ujar Susilawati.  (Infotorial)

Komentar