oleh

2 Kali Digugat Sampai Ke MK Sukawan Akhirnya Dilantik Jadi Bupati dan Wakil Bupati Rohul Periode 2021-2024

Rohul:Riaunet.com –Dengan Rahmat sang pencipta, dan ikhtiarnya yang ikhlas, serta dukungan tim sukses yang tangguh, Pasangan H.Sukiman dan H.Indra Gunawan, akhirnya dilantik jadi Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hulu periode 2021-2024, dikantor Gubernur Riau, Senin 21 Juni 2021.

Jelang mengenakan baju putih, dan tanda penghargaan sebagai seorang pemimpin Rokan Hulu ini, pasangan H.Sukiman dan H.Indra Gunawan mencatat sejarahnya sendiri sebagai kandidat Bupati dan wakil Bupati Rokan Hulu tertangguh pertama kali di Kabupaten Rokan Hulu. Karena perang politik yang sengit dipilkada Rohul, dengan 2 kandidat lainnya membuat pasangan ini melalui rentetan rintangan pilkada rohul yang panjang.

H.Sukiman dan Indra Gunawan semasa kampanye jelang Pilkada Rohul 2020 memiliki saingan berat pasangan Gaspoll nomor urut 3 dengan jagoan Hafith Syukri dan Erizal ST.

Disaat pemilu berlangsung 9 Desember 2020, terbukti pasangan ini bersaing. Pasangan H.Sukiman-H.Indra Gunawan meraih suara 91 ribu lebih selisih lebih dari seribu suara suara dari pasangan Hafith Syukri -Erizal.

Dari berbagai gejolak politik disaat kampanye sampai pilkada 9 Desember 2020, Pasangan Gaspoll melayangkan Gugatan Perselisihan Hasil Pilkada ke MK, dengan hasil keluar putusan MK untuk melaksanakan Pemilihan Suara Ulang (PSU) yang dilaksanakan di 25 TPS dengan DPT 3.580 pemilih di Kawasan PT.Torganda Kecamatan Tambusai Utara.

Setelah PSU berlangsung 21 April 2021, Pasangan Sukiman – Indra Gunawan memperoleh suara 2.073 suara, dan pasangan Hafith – Erizal memperoleh suara 831 suara. Pasangan Sukawan unggul.

PSU 25 TPS saat itu juga tidak terlepas dari dinamika politik. Pasangan Gaspoll Kembali melaporkan Pasangan Sukiman dan Indra Gunawan ke Bawaslu Rohul, dan ke MK dengan gugatan terjadi kecurangan money politik. Sebaliknya, jelang laporan tim Gaspoll, tim pemenangan Sukawan sudah terlebih dahulu melaporkan tindakan money politik pasangan Gaspoll ke Bawaslu Rohul, dengan bukti Vidio yang jelas.

Baca Juga:  172 Warga Baru PSHT Se-Rohul Dikukuhkan, Termasuk Kades Sialang Rindang

Tak cukup sampai disitu, usai PSU 21 April tersebut, Pasangan Nomor Urut 1 Hamulian-Topan (Hartop), juga melakukan gugatan ke MK, minta pemilihan ulang karena pasangan no urut 2 dan nomor urut 3 memiliki catatan kecurangan, yakni money politik. Namun gugatan tersebut ditolak MK, sedangkan gugatan Gaspol yang kedua dicabut.

Hingga akhirnya putusan MK tanggal 19 Mei 2021 itu, menjadi pintu gerbang Pasangan Sukiman -Indra Gunawan menuju puncak kepemimpinan di Rokan Hulu.

Pada tanggal 24 Mei 2021, KPUD Rohul dalam pleno nya mengumumkan bahwa pemenang pilkada Rohul Tahun 2020 yakni Pasangan Sukiman-Indra Gunawan dengan perolehan 91.806 suara.

Disusul Paslon Nomo urut 3 Hafith-Erizal sebanyak 90.570 suara dan Paslon Nomor Urut 1 H. Hamulian-M Sahril Topan dengan perolehan 49.007 suara. Dengan total suara sah pada Pilkada Rohul sebanyak 231.383 suara dan Suara tidak Sah sebanyak 381 suara.

Pelantikan Sukiman -Indra Gunawan, dilaksanakan senin 21 Juni 2021 di Kantor Gubernur Riau, dengan mentaati Prokes, hanya dihadiri 25 orang undangan.

Kemudian dilaksanakan pula syukuran dan makan bersama di RM Melayu Pekanbaru . (ADV Pemkab Rohul)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × 2 =

Jangan Lewatkan