oleh

Akibat Corona, Akankan THR Lancar di Bayar Oleh Pengusaha?

tour_de'

JAKARTA:Riaunet.com~Kini dunia usaha sedang terpukul akibat corona (covid-19) yang telah merajalela, namun pengusaha wajib membayar Tunjangan Hari Raya (THR).

Lalu bagaimana nasibnya THR Lebaran nanti? Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Ketenagakerjaan Anton J. Supit mengaku tahun ini kemungkinan pengusaha akan kesulitan membayar THR untuk karyawan. Dia tidak ingin menyimpulkan apakah THR akan ditiadakan, yang jelas sekarang semua tergantung pada kekuatan perusahaan masing-masing.

“Sangat berat, apa bisa bayar atau tidak kita tidak tahu. Tergantung kepada pengusahanya saja, kita nggak mau satu pihak saja ini usulkan,” ujar Anton, Selasa (24/3/2020).

Kondisi dunia usaha sangat terpukul dengan virus corona, kinerja perusahaan menurun. Pengusaha pun dilema, di sisi lain THR adalah kewajiban, tapi untuk membayarnya kondisi usaha sedang sulit.

“Kita sebagai gambaran produksi juga menurun, order menurun, ekspor menurun, semua menurun. Ini memang kewajiban tapi kalau dia (perusahaan) nggak ada, bayar gaji aja susah, mau gimana ini kan? Ini kan dilema,” kata Anton.

Hal yang sama juga dikatakan Ketua Umum DPD HIPPI (Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia) DKI Jakarta Sarman Simanjorang, menurutnya membayar THR di tengah pelemahan ekonomi adalah beban bagi pengusaha.

“Dengan situasi seperti ini pengusaha melihat THR ini suatu beban, di satu sisi ini kan kewajiban keharusan kepada karyawan tiap tahun. Tapi dengan kondisi ini, pemasukan menurun mau tidak mau jadi beban buat pengusaha,” katanya.

“Jika pengusaha besar mungkin bisa bayar, tapi kan nggak semua besar, nggak semua cashflownya baik, modalnya besar,” tambahnya.  (**)

Baca Juga:  Terkait Dugaan Seleksi Formalitas DKPP RI Putusan Sanksi Peringatan Kepada Panwaslih Aceh dan Bawaslu RI

Komentar

Jangan Lewatkan