oleh

Baznas Kab Bengkalis Survei Kelompok Tani Alkatiri Serai Wangi di Rupat

BENGKALIS:Riaunet.com~Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bengkalis lakukan survei faktual untuk memastikan keberadaan dan kondisi kelompok tani Alkatiri Serai Wangi, di Kelurahan Terkul, Kecamatan Rupat, Minggu (9/2/2020).

Acara ini dipimpin langsung oleh Ketua Baznas Kabupaten Bengkalis, H Ali Ambar yang diikuti Kepala Unit Pelaksana Arwani, Amil Pendayagunaan, Bagas Maulana.

Ketua Baznas Kabupaten Bengkalis, Ali Ambar mengatakan bahwa kedatangan mereka disambut langsung Ketua Kelompok Alkatiri Serai Wangi Yanuar. Dan dijelaskan bahwa kelompoknya berjumlah enam orang anggota dan mengaku sangat butuh modal dalam pengembangan tanaman serai wangi.

“Sebagaimana ketentuan peraturan Baznas nomor 3 tahun 2018 tentang pendistribusian dan pendayangunaan zakat. Maka sebelum melakukan pendayagunaan harus melalui tahap survei faktual dan diverifikasi terlebih dahulu, apakah kelompok atau individu layak secara syariah dan ketentuan untuk di beri modal sehingga tepat sasaran dan berdayaguna zakat yang distribusikan,” katanya.

Menurutnya bahwa survei ini merupakan tahapan sebelum penyaluran dana dilakukan, yang diharapkan dapat meningkatan tarap ekonomi masyarakat terhadap usaha yang dikemas dalam sebuah kelompok maupun individu.

“Hasil survei ini kita lakukan untuk kemudian di salurkan, jika memang dinilai sudah layak. Sehingga mereka dapat memanfaatkan bantuan Baznas untuk membeli benih, menanam dan merawat serai wangi,” jelas Ali.

Selain kunjungannya itu, Baznas Kabupaten Bengkalis juga mendistribusikan 10 paket sembako untuk masyatakat kurang mampu dari infak salah seorang dermawan di Bengkalis, untuk beberapa masyarakat Kelurahan Pergam dan Terkul, dan Kecamatan Rupat.  (Cok)

Baca Juga:  MTQ ke-11 Tingkat Desa Senggoro telah resmi di buka oleh kepala Desa Senggoro' Basrah'

Komentar

Jangan Lewatkan