BNPB Kerahkan Dua Helikopter Untuk Mengatasi Kebakaran di Dua Wilayah Inhu dan Inhil

Inhu285 views

INHU:Riaunet.com- Kebakaran di Kabupaten Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir”Inhil masih berlangsung. Untuk meminimalisir kebakaran, dua helikopter Badan Nasional Penanggulangan Bencana BNPB diterbangkan ke lokasi Karlahut .

Saat ini, Tim Satgas Karhutla Riau terus melakukan pemadaman di Kempas Jaya Inhil dan Batang Gangsal Inhu. Dua daerah tersebut masih terus berlangsung karhutla. Sedangkan di wilayah pesisir Riau yang semula parah kini sudah berhasil dipadamkan.

“Karhutla masih ada di Kempas Jaya Inhil dan Batang Gansal Inhu. Saat ini Dua unit helikopter BNPB, yakni Bell 215 dan MI 171 dikerahkan ke lokasi untuk memadamkan api dari udara,” kata Wakil Komandan Satgas Karhutla Riau Edwar Sanger, Senin 01/10/2018.

Dikatakan, saat ini kondisi sudah mulai mereda dan bisa dikendalikan. Namun demikian, tim masih di lokasi melakukan penanggulangan baik dari TNI, Polri, BPBD, Manggala Agni maupun masyarakat setempat untuk berjaga jaga dan memadamkan sisa sisa api yang masih hidup di lokasi kebakaran .

“Saya juga sedang berada di lokasi dan Insha Allah sudah dapat dikendalikan. Pemadaman darat dan udara di maksimalkan,” ujar Edwar Sanger.

Dikatakan, meskipun Minggu dan merupakan hari libur bagi ASN, namun bagi Edwar Sanger tiada hari libur untuk Riau bebas asap. “Misi kami tuntaskan Kempas jaya Inhil dan Batang Cenaku Inhu. Semoga semuanya berjalan lancar,” ulasnya.

Saat ditanya untuk kekuatan pasukan dan peralatan saat ini terutama untuk Helikopter. Menurut Edwar Sanger semuanya masih cukup. “Kita masih punya 4 Helikopter WB dan 1 Patroli dari BNPB. Insa Allah masih cukup untuk dukungan satgas Karhutla,” katanya.

Kebakaran yang terjadi di Kempas Jaya Inhil dan Batang Gangsal ini sendiri sudah hampir seminggu. Bahkan tim saat ini masih berada semuanya dilapangan. “Kekuatan dimaksimalkan di lokasi terparah ini, dan Alhamdulillah bisa dijinakkan, “ucap nya

Baca Juga:  Bandara Japura Inhu Kembali Aktif Wing Air Layani Rute Rengat Batam

Dari data yang ada di Satgas Karhutla Riau luas lahan yang terbakar di Kabupaten Indragiri Hilir dalam beberapa hari terakhir sudah mencapai 210 hektare. Inhil saat ini daerah terparah kebakaran di Riau. Lokasi terparah terjadi di Dusun Bina Utama, Desa Bayas Jaya, Kecamatan Kempas, Indragiri Hilir seluas 125 hektare.

Kemudian di Parit Baru RT16/RW08, Dusun Bahagia Pulau Tiga, Desa Pekan Tua, Kecamatan Kempas, Kabupaten Indragiri Hilir dengan luas sekitar 55 hektare. Selanjutnya di DesaTanjung Sari, Kecamatan Kuala Cenaku, Kabupaten Inhu perbatasan Kempas (Inhil) seluas 30 hektare.ujar nya .” [ZN].

Komentar