oleh

Bunda Paud Rohul Hj.Peni, Terima 2 Penghargaan di Acara Gebyar Paud 2019

Rohul:Riaunet.com-Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Hj.Peni Herawati Sukiman, terima penghargaan dari Manager Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) Triyono, sebagai pemecah rekor budaya Sungkeman massal terbanyak di Indonesia, yakni 5.359 murid PAUD se- Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).

Piagam penghargaan‎ pemecah rekor dunia MURI juga diterima Bupati Rohul Sukiman, serta Kepala Disdikpora Kabupaten Rohul Drs.H.Ibnu Ulya M.Si, pada acara gebyar paud yang berlangsung Rabu 23 Oktober 2019, di halaman Kantor Bupati Rokan Hulu.

Pada pelaksanaannya, sungkeman massal dilakukan simbolis diwakili enam anak kepada Bupati Rohul H.Sukiman,Bunda Paud Rohul Hj.Peni Herawati Sukiman, Sekda Rohul Abdul Haris, Ketua Dharmawanita Rohul Neti Herawati, Kepala Kantor Kementerian Agama Rohul Syahrudin, dan Kepala Disdikpora Rohul Ibnu Ulya. Selebihnya, ribuan anak PAUD se-Rohul lainnya juga melakukan sungkeman kepada orang tua dan gurunya masing-masing di tenda yang disediakan panitia di lapangan Kantor Bupati Rohul.

Triyono mengaku ‎MURI memberikan piagam sungkeman terbanyak ini kepada Bunda Paud Rokan Hulu, Bupati Rokan Hulu dan Kepala Disdikpora Rohul karena dengan budaya sungkeman mampu menghapus degradasi moral atau krisis etika di kalangan anak-anak Indonesia saat ini.

“Sungkeman sebelumnya sudah pernah dilakukan di Lapas Anak Tangerang Selatan dengan peserta sekira 3.000 anak, namun pesertanya tidak sebanyak sungkeman di Kabupaten Rohul dengan peserta mencapai 5.359 anak PAUD.” Ujar Triono.

“Diharapkan setelah besar nanti akan membekas dan mereka selalu hormat kepada orang tua, guru, atau orang yang lebih tua. Oleh karenanya MURI memberikan apresiasi sebagai rekor dunia,” tambah Triyono.‎

Selain menerima pengharaan dari Manajer MURI, Bunda Paud Rokan Hulu juga menerima penghargaan atas pendidikan keluarga di Kabupaten Rokan Hulu untuk angkatan 1 dan 2 tahun 2019 dari Balai Pendidikan Anak Usia Dini dan pendidikan masyarakat provinsi Riau.

Baca Juga:  Ketua TP PKK Kabupaten Rokan Hulu, Peni Herawati Hadiri Rakornas TP PKK Tahun 2019

Bupati Rohul, H.Sukiman mengatakan, budaya sungkeman merupakan salah satu budaya Indonesia yang masih lestari, dan biasanya dilakukan saat-saat hari tertentu seperti hari hari keagamaan.Tujuan dilakukan sungkeman massal ini generasi muda di Kabupaten Rohul ‎selalu menghormati orang yang lebih tua.

“Berharap generasi muda kita, anak-anak kita memahami tentang budaya‎-budaya kita sendiri, kalaupun ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu pesat tapi janganlah budaya kita dihilangkan, dan tidak terpengaruh budaya asing,” harap Bupati.

‎Bupati Sukiman mengaku tidak menyangka bila sungkeman massal anak PAUD Se-Rokan Hulu ini berhasil memecahkan rekor dunia MURI.

Gebyar PAUD Rohul di lapangan Kantor Bupati‎ Rohul itu dihadiri Direktorat Pembinaan Anak Usia Dini Pendidikan Masyarakat Kemendikbud Drs Maryana‎ M.Pd, Forkompinda, Sekda Rohul H Abdul Haris S.Sos, M.Si, Manager MURI‎ Triyono, Praktisi PAUD Nasional Drs Sinong Widodo, Kreator Lagu Nasional Rosyid, Kepala PAUD dan Diknas Riau Akhyar S.Pd, M.Pd dan rombongan. Para Asisten, Staf Ahli, Kepala Badan/ Dinas, para Camat dan Bunda PAUD Kecamatan, serta para Kades/ Lurah bersama Bunda PAUD Desa.

Dipenghujung acara, Bupati Rohul Sukiman memberikan penghargaan kepada ‎Praktisi PAUD Nasional Sinong Widodo telah membuat lagu Mars PAUD Rohul.(Na).

Komentar

Jangan Lewatkan