oleh

Danramil 07/ Kodim 0303 Bengkalis Hadiri Bimtek Pemanfaatan Buku KIA

-Siak-16 views

Siak Kecil:Riaunet.com~Komandan Rayon Militer (Danramil) 07/ kodim 0303 Kapten Inf Tarman Sugianto menghadiri acara bimbingan teknis pemanfaatan buku Bengkalis, yakni buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) terbaru bagi tenaga kerja kesehatn UPT Pukesmas Lubuk Muda di aula kantor Camat Siak Kecil, Senin (22/2/2021).

Hadir dalam acara tersebut, Camat Siak kecil M.Fadlul Wajdi SSTP MSI, Danramil 07/kodim 0303 Bengkalis Kapten Tarman Sugianto, babinkamtinmas, kepala UPT Pukesmas Lubuk Muda beserta tenaga ahli dan jajarannya, beserta para tamu undagan ibu-ibu.

KIA (Kesehatan Ibu dan Anak)  mempunyai beberapa manfaat, yaitu untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal, memegang peranan penting sebagai alat pencatatan Kesehatan Ibu dan Anak di tingkat rumah tangga yang lengkap.

Kapten Inf Tarman Sugianto mengatakan bahwa kondisi dan status kesehatan pada kehamilan hingga anak berusia 6 tahun, sebagai bahan informasi dan pedoman penting bagi keluarga/ ibu, kader dan petugas kesehatan, serta untuk memelihara kesehatan ibu selama hamil sampai melahirkan, perawatan kesehatan yang memadai bagi bayi dan balita sehingga dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.

“Masa balita merupakan periode emas pertumbuhan fisik, intelektual, mental dan emosional anak, dimana pemenuhan kebutuhan akan asah, asih dan asuh melalui pemenuhan aspek fisik hingga biologis (gizi, kebersihan, imunisasi, vitamin A dan pelayanan kesehatan yang bermutu), kasih sayang dan stimulasi yang memadai pada usia balita akan meningkatkan kelangsungan hidup anak dan mengoptimalkan kualitas anak sebagai generasi penerus Indonesia,” katanya.

Namun diketahui juga kehadira kita disini sebagai Koramil menghadiri dalam sosialisasi Kementrian sosial(Kemsos) yang di laksanakan di tiap daerah terutama di wilayah gerbang laksamana terkhususnya di UPT Pukesmas Lubuk Muda  kecamatan Siak kecil kabupaten Bengaklis.

Baca Juga:  Pemkab Siak Gelar Halal Bihalal Bersama Masyarakat

“Untuk balita-Balita yang mengalami hambatan atau gangguan pertumbuhan dan perkembangan akan berdampak pada periode kehidupan selanjutnya. Hal inilah yang di sampaikan Komandan Koramil 07/ kodim 0303 Bengkalis dalam pemanfaatan buku KIA ini,” kata Kapten Tarman Sugianto.

“Dengan pertemuan Optimalisasi Pemanfaatan Buku KIA bagi Lintas Program dan Lintas Sektor ini sangat mendukung dan menjadi salah satu starategi untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi serta meningkatkan kemampuan petugas kesehatan,” Tambahnya.

Diketahui bahwa acara bimtek ini berjalan denga baik dan tertib sesuai anjuran protokol kesehatan (Prokes) sampai selesai acara.  (Cok)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

8 − four =

Jangan Lewatkan