oleh

Dosen Prodi Kriminologi dan Prodi HI UIR Berkolaborasi Melaksanakan Pengabdian Masyarakat Di Desa Tanjung Medang Rupat Utara

Pekanbaru:Riaunet.com– Dosen Program Studi Kriminologi berkolaborasi dengan Dosen Program Hubungan Internasional Universitas Islam Riau melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Desa Tanjung Medang Rupat Utara. Senin (30/09/2019).

Kegiatan pengabdian masyarakat ini sebagai salah satu bentuk pengamalan Catur Dharma Perguruan Tinggi dengan melakukan program sosialisasi dan memberikan pemahaman kepada masyarakat khususnya para kaum perempuan terkait bagaimana mengantisipasi diri agar tidak menjadi target atau korban perdagangan perempuan.

Dimana desa Tanjung Medang berlokasi di pulau Rupat Utara dan termasuk kedalam zona wilayah yang berbatasan langsung dengan negara tetangga yakni Malaysia.

“Adapun kegiatan berupa sosialisasi tentang Pencegahan Perdagangan Perempuan”. Materi ini disampaikan oleh salah satu tim anggota Pengabdian yaitu Ibu Cifebrima Suyastri, S.IP,.MA yang mana dalam keterangan singkat melalui pesan Wathshap kepada wartawan media online, beliau menyampaikan materi tentang “Pencegahan Peredagangan Perempuan” ini seharusnya disampaikan oleh Ketua tim Pengabdian Ibu Neri Widya Ramailis,S.Sos,.M.krim.

Namun karena beliau sedang berhalangan hadir oleh karena itu beliau meminta saya untuk menyampaikan materi tersebut pada acara sosialisasi di Desa Tanjung Medang Rupat Utara.

Kegiatan ini dilatarbelakangi atas kesadaran bahwa pentingnya mengingatkan kepada kaum Perempuan khususnya Anak dan Remaja Perempuan yang rentan akan menjadi korban suatu tindak kejahatan.

Dalam hal ini kejahatan terhadap Perdagangan Perempuan (Human Trafficking), yang terjadi diwilayah lintas batas Negara sebagai daerah Transit jalur Internasional. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari.

Dengan melakukan kunjungan oleh tim Sosialisasi pada wilayah perbatasan laut Indonesia-Malaysia di daerah perairan Rupat Utara. Selanjutnya melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dengan memberikan Sosialisasi tentang Pencegahan Perdagangan Perempuan.

Dilain Hal Ketua Pokdarwis Kecamatan Rupat Utara mengatakan kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh tim Dosen Fisipol UIR sangat bagus sekali dan membantu masyarakat khususnya kaum Perempuan dalam mendapatkan pemahaman dan pencerahan akan bahaya tindak kejahatan yang dapat mengancam diri perempuan tersebut. (Rdk).

Baca Juga:  Dr. Junaidi Terpilih Jadi Rektor Unilak, IPNU Riau Ucapkan Selamat Dan Beri Doa

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

sixteen − three =

Jangan Lewatkan