Taruna Sakti Trans7, Jalur Besutan 7 desa ekstrans mulai berlaga

Kuansing399 views

Riaunet.com | Kuansing – Pacu Mini yang diselengarakan di embung Desa Sukaraja dan bendungan Hulu Teso April 2018 menjadi awal pembicaraan pembetukan jalur trans7. Diinisiasi oleh tokoh pemuda dari 7 desa yang meliputi desa sukaraja, hulu teso, bumi mulya, giri sako, kuantan sako, sako marga sari dan desa sido dadi. “Maka kita sepakat mengupayakan untuk menyewa jalur sebagai langkah awal kedepannya dan harapan kita bersama agar bisa tahun depan kita mempunyai jalur sendiri yang bisa berlaga dikontastasi pacu jalur kabupaten kuantan singingi”. Ujar Ampion selaku Sekretaris Koordinator Jalur Taruna Sakti 7. Camat LTD bpk Jhon Pitte Alsi, S.Ip awalnya telah mengupayakan menyewa jalur di Inuman untuk latihan.

sesi latihan pengayuh jalur trans7

 

7 desa ekstrans bentuk tim jalur sendiri bernama taruna sakti trans7 pada tanggal 7 agustus 2018

Jalur Trans7 ini resmi dibentuk pada 07 Agustus 2018 yang ditandatangi oleh perwakilan masing masing desa. Pembentukan jalur trans7 ini sangat diapresiasi oleh pihak aparatur desa, BPD dan masyarakat transmigrasi, karena selama ini kita hanya menjadi penonton di kontestasi pacu jalur kuansing. Mempunyai jalur sendiri sudah menjadi angan-angan kami sejak dulu. Kata ” Ampion kepada riaunet.com
Adapun jumlah pengayuh dijalur trans7 berjumlah 52 orang dari sukaraja (18) hulu teso (17) giri sako (6) bumi mulya (11). Para pengayuh untuk sementara berlatih diembung desa setempat. Jalur Taruna Sakti 7 akan berlaga perdana di festival pacu jalur rayon baserah pada 14-16 Agustus 2018 dan Festival Pacu Nasional di Taluk Kuantan pada 29 Agt – Sep 2018. Menurut Ampion ” dengan partisipasi 7 desa ekstrans pada festival pacu jalur tahunan kita dapat partisipasi dalam merawat warisan budaya kuansing yang juga menjadi warisan budaya indonesia bahkan dunia “.

Baca Juga:  Rustam Efendi Mintak Masyarakat Kenegerian Simandolak Masukan Pengaduan ke DPRD Terkait Pengelolahan lahan oleh Perusahan.
logo jalur taruna sakti trans7

Pada Kesempatan itu ampion menyampaikan harapan kepada semua pihak agar mendukung penuh tekad pemuda transmigrasi yang tergabung dalam trans7 dengan memberi dukungan moril maupun materil, khususnya aparat desa setempat dan dinas pariwisata kabupaten kuantan singingi sebagai wujud dukungan dalam melestarikan budaya indonesia. [ASP]

Komentar