KB-TK PAUD ZAMZAM Latihan Manasik Haji

Berita Aceh175 views

Bireuen:Riaunet.com-Yayasan Pendidikan PAUD ZAMZAM melaksanakan kegiatan Latihan ( Praktik) manasik Haji di Masjid Agung Bireuen Kamis (20/9)

Pelaksanaan peragaan Manasik Haji di ikuti seluruh anak-anak KB – TK Yayasan Pendidikan Zamzam Jalan Masjid Geudong-Geudong Bireuen.

Salah seorang Guru TK/PAUD Yayasan PAUD ZAMZAM, Zakiah kepada Andalas di sela-sela peragaan Manasik menyebutkan, peragaan manasik mulai pengenalan hingga praktek tata cara beribadah haji ini sangat penting untuk dipahami umat Islam, kususnya anak-anak usia dini.

Dijelaskan, dalam praktik manasik haji ini, anak-anak melakukan praktek langsung, sekaligus menjalani berbagai tahapan Haji .

” Apa yang kami kerjakan ini terutama mengenalkan kepada mereka rukun Islam yang ke lima, yaitu ibadah Haji ini. Jadi tidak hanya teori-teori saja yang mereka dapat, namun langsung praktek kepada anak-anak,” Sebutnya.

Amatan andalas, anak-anak KB-TK tersebut  memperagakan rukun haji seperti tawaf, Sa’i dan Tahlul dengan bimbingan para guru mereka serta bimbingan dari Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia ( IPHI) Kabupaten Bireuen.

Selain itu mereka juga diajarkan apa yang namanya tawaf, melempar Jumroh, dan yang mana Sai. Mereka mengenali tempat-tempatnya dan memahami apa itu ibadah Haji ini sebenarnya, tambah Zakiah.

Ditambahkan,agenda manasik Haji ini akan menjadi agenda rutinitas setiap tahun untuk menambah pengetahuan dan pengalaman mereka.

Zakiah mengharapkan agar adanya motivasi dan dukungan dari pihak Pemkab Bireuen, Kemenag Kabupaten Bireuen maupun pihak-pihak lain yang peduli terhadap pendidikan agar anak-anak lebih termotivasi lagi. ( MAN)

Baca Juga:  Bupati H. Muhammad Thaib Buka MTQ Kabupaten Aceh Utara ke-34

Komentar