oleh

Melalui Program CSR, PT.ISB Sukses Bina Masyarakat Sekitar Perusahaan

-Rohul-41 views
tour_de'

Rohul:Riaunet.com-PT. Indomakmur Sawit Berjaya (PT.ISB) Kecamatan Rambah Hilir, Kabupaten Rokan Hulu, miliki program Corporate Social Responsibility (CSR) yang menyentuh ke masyarakat sekitar perusahaan.

Program CSR untuk meningkatkan ekonomi rakyat yang berhasil dibina sejak 3 bulan terakhir yakni kelompok tani semangka di Desa Rambah kecamatan Rambah Hilir. Rabu, 25 Maret 2020 kemarin, poktan semangka tersebut melakukan panen raya, dengan hasil panen perdana puluh ton semangka dengan kualitas unggul.

“Kelompok kami melihat peluang budi daya semangka ini sangat menggiurkan, sehingga kami sangat bersemangat untuk bercocok tanam, terutama Semangka sebagai andalan kami,” tutur Ketua kelompok tani, Ujang, Rabu, (25/3/2020).

“Bersama management PT ISB,kami telah panen sekitar 20 ton semangka dan dipasarkan ke Pekanbaru dan bahkan sampai ke Padang , Sumatera Barat dengan harga kisaran Rp3.500 – 3.800/Kg”, ucap Ujang.

Di tempat yang sama, Humas PT ISB Malinton H Purba, SH, menyampaikan sangat bangga atas semangat dan keuletan kelompok tani Rambah ini. Bantuan bibit dari PT.ISB tahun 2019 berhasil di budi dayakan tanaman semangka ini .

“Kedepannya kami berharap kelompok tani ini menjadi mandiri dan bahkan harapan kita kelompok tani ini dapat menjadi pemacu semangat untuk terbentuknya kelompok-kelompok tani yang lain. Perusahaan tentu akan selalu memberikan pendampingan kepada mereka,” ujarnya.

Ditambahkan Malinton, PT.ISB memiliki banyak program pembinaan ekonomi kerakyatan dari yang di danai dari CSR perusahaannya. Selain bantuan bibit semangka unggul ini , ada juga binaan kelompok tani sekata Desa Rambah untuk budi daya ikan nila yang sudah dibantu bibit ikan sebanyak 20 ribu ekor.

Selain itu, sedang dalam proses pembangunan kebun kelapa sawit 5 ha untuk kebun kas Desa Rambah yang prosesnya sudah sampai pengecekan sample tanah.

Baca Juga:  Lomba PBB Bangun Purba Bikin Ngakak, Bupati Rohul Sukiman ; Yang Lain Patut Mencontoh

” Kita juga saat ini ada pembinaan petani-petani swadaya masyarakat yang sudah berjumlah sekitar 8.000 petani. Para petani ini kita latih cara bertanam sawit yang baik dan benar, mulai dari pemupukan, perawatan serta panen kelapa sawit. Dan lahan petani-petani juga kita uji sample untuk mengetahui unsur-unsur dalam tanah. Sehingga tepat dalam pemupukan. Dan perusahaan sudah menurunkan tim ahli untuk melakukan pembinaan ini”, tutup Malinton.(Na)

Komentar

Jangan Lewatkan