oleh

MTQ Kecamatan Bangun Purba ke-19 Meriah, 3000 Masyarakat Ikuti Pawai Pembukaan

Rohul:Riaunet.com-Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kecamatan Bangun Purba yang ke -19 di Desa Bangun Purba Timur Jaya , resmi dibuka Bupati Rokan Hulu, H.Sukiman, Selasa , 19 Maret 2019, sekira pukul 15.00 WIB.

Layaknya perhelatan besar, pawai ta’aruf pembukaan MTQ Kecamatan Bangun Purba ke-19 ini dihadiri ribuan masyarakat berbagai kalangan, seperti anak paud, TK, pelajar SD, SMP, SMA, para guru, perangkat Desa, organisasi-organisasi serta lembaga yang ada di desa, dari 7 Desa Depenitif, dan 1 Desa Persiapan yang berada di Kecamatan Bangun Purba.

Meriahnya acara pembukaan dan sekaligus pelepasan pawai ta’aruf MTQ perdana diantara 16 kecamatan di Rokan Hulu ini, disaksikan Ketua TP-PKK Rohul Hj.Peni Sukiman,Sekretaris Daerah H.Abdul Haris S.Sos,Msi, beberapa Kepala Dinas,Camat Bangun Purba Admiral,Upika Kecamatan, dan Kepala Desa se-Kecamatan Bangun Purba.

Dalam arahannya, Bupati Rokan Hulu H.Sukiman mengatakan pelaksanaan MTQ bertujuan untuk menumbuh kembangkan kembali minat Baca Alqur’an ditengah-tengah masyarakat dengan memperhatikan arti dan makna yang terkandung didalam Kitab Suci Al’quran untuk sehingga dapat diterapkan didalam kehidupan sehari-hari.

“Pelaksanaan MTQ bukan hanya sekedar baca Al-Qur’an, akan tetapi harus memahami hukum bacaan Al-quran, dan juga makna yang terkandung dalam bacaan alquran. ” Ungkap Sukiman

” Membaca alquran dengan memaknainya juga menjadi obat penangkal kenalan ditingkat anak dan remaja. ” Tambahnya.

Untuk itu Sukiman menghimbau ,kepada sekuruh masyarakat supaya menyaksikan bacaan-bacaan yang disampaikan oleh para Qori dan Qori’ah sebagai pelajaran untuk diterapkan pada kehidupan sehari-hari.

Sementara itu, Camat Bangun Purba Admiral mengatakan, MTQ Kecamatan Bangun Purba yang ke 19 ini bertujuan untuk mencari Qori/ Qori’ah terbaik untuk mewakili Bangun Purba pada MTQ Tingkat Kabupaten Rohul yang akan dilaksanakan April 2019 mendatang.

Baca Juga:  Cegah Virus Corona, TNI Polri dan Kecamatan Rambah Gelar Sosialisasi

Untuk peserta MTQ Bangun Purba ke 19 tahun 2019 sendiri, Admiral melaporkan terdapat 92 orang putra putri asli Kecamatan Bangun Purba, yang terdiri dari 28 orang leserta cabang tartil, 28 orang peserta cabang tilawah tingkat anak-anak, 20 peserta cabang tilahwah remaja , 16 orang peserta tilawah dewasa, kemudian beberapa group untuk cabang lomba rebana. Selain itu, terkhusus untuk pelaksanaan pawai ta’aruf, pesertanya mencapai 3000 orang yang terdiri dari 7 desa depenitif, dan 1 desa persiapan.

” MTQ tingkat kecamatan Bangun Purba ini akan berlangsung 3 hari mulai Rabu hingga Jumat, di lokasi mesjid Nurul Anwar Gunung Intan, Bangun Purba Timur Jaya. MTQ selanjutnya tahun 2020 akan dilaksanakan di Desa Pasir Agung. ” Ungkap Admiral.
( Adv/ Humas Pemkab Rohul )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 + 1 =

Jangan Lewatkan