oleh

(OPINI) Pelatihan Administrasi Pemerintah Desa Dan Kearsipan Bagi Perangkat Desa Di Desa Tambusai Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar

tour_de'

Penulis : EVI ZUBAIDAH, S.Sos I.,M.PA

Pekanbaru:Riaunet.com-Arsip memiliki peranan penting bagi setiap organisasi atau lembaga, baik negeri maupun swasta.Salah satu peran penting arsip adalah sebagai pusat ingatan. Tanpa adanya arsip, maka organisasi akan mengalami kesulitan dalam pembuktian-pembuktian terhadap sesuatu hal.

Demikian juga, tanpa adanya arsip, organisasi juga akan mengalami kesulitan dalam mengingat-ingat suatu kejadian atau situasi tertentu yang terjadi pada organisasi tersebut. Pada prinsipnya, arsip memiliki beberapa peran penting yang tujuannya membantu kelancaran kegiatan organisasi sekaligus memberpetunjuk bagi pimpinan maupun pengelola organisasi dalam merencanakan kebijakan-kebijakan organisasi. Peran arsip yang begitu besar, ternyata belum sepenuhnya dipahami oleh organisasi/lembaga pelayanmasyarakat.

Salah satu organisasi yang memiliki banyak arsip adalah kantor desa. Arsip-arsip dikantor misalnya arsip absensi pegawai,dokumen masyarakat yang berurusan, arsip hasil rapat, arsip keuangan dan arsip dokumen-dokumen penting lainnya yang ini harus di arsip kan dengan baik agar dokumken tidak rusak dan mudah dicari sewaktu-waktu.

Dari penjelasan diatas, dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen Administrasi Fisipol UIR mengimplementasikan bagaimana kemampuan Administrasi Pemerintahan Desa Dan Kearsipan Bagi Perangkat Desa Di Desa Tambusai Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Dan dilaksanakan pada Jum’at 1 November 2019.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat tersebut di ketuai oleh EVI ZUBAIDAH, S.Sos I.,M.PA dengan didampingi beberapa anggota seperti, EKA KOMALASARI, S.Sos.,M.Si, EMA FITRI LUBIS, S.SOS.,M.SIAN, ANNISA RICKASTARI S, dan NURUL KARTIKA SARI.

Tujuan dilaksanakannya Pengabdian Kepada Masyarakat ini, yang pertama yaitu Memberikan informasi, pengetahuan dan pemahaman tentang Bagaimana pengelolaan Arsip yang baik dan benar.

Dan yang kedua, Memberikan keterampilan dan motivasi kepada perangkat desa tentang Bagaimana pengelolaan pengarsipan yang sebenarnya di dalam administrasi desa.

Baca Juga:  Bupati Bengkalis sebut Sengketa Pemberitaan Media Pers tidak Perlu Dilapor ke Dewan Pers
Foto saat pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat.

Dengan dilakukannya kegiatan ini di harapkan seluruh perangkat desa mampu melakukanadministrasi pemerintahan desa dan kearsipan yang baik di kantor desa tersebut. Sehingga administrasi perkantorannya rapi dan tertib yang ini membuat pelayanan yang diberikan kepada masyarakat menjadi lebih baik lagi.

Kegiatan ini dilakukan dengan metode Ceramah, diskusi, tanya jawab hingga praktek langsung tentang pengelolaan arsip.

Dari hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat tersebut telah berlangsung dengan baik dan lancar sehingga peserta mendapatkan dan mampu mengaplikasikan pelatihan yang diberikan. Kegiatan ini berlangsung pada hari Kamis, 26 Februari 2020. Sasaran pengabdian ini adalah Perangkat desa beserta staf pegawai di Desa Tambusai Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar.

Pemilihan dan penetapan sasaran pengabdian ini memiliki pertimbangan karena lanjutan dari kegiatan pengabdian masyarakat sebelumnya tentang proses identifikasi kelengkapan administrasi desa dan pengelolaan kearsipan. kemudian diberikan meteri pelatihan akan hasil temuan tersebut. (Rls).

Komentar

Jangan Lewatkan