oleh

Peringati Hari Pahlawan, PC IPNU IPPNU Kota Pekanbaru Gelar Nonton Bareng dan Bedah Film ‘Sang Kiai’

Pekanbaru:Riaunet.com– Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, 10 November 2022, PC IPNU IPPNU Kota Pekanbaru bekerjasama dengan MAN 4 Kota Pekanbaru mengadakan nonton bareng (nobar) dan bedah film ‘Sang Kiai’ bersama siswa-siswi MAN 4 Kota Pekanbaru, pada Kamis (10/11/2022).

Kegiatan yang diadakan di Aula MAN 4 Kota Pekanbaru, dan turut dihadiri oleh Waka Kesiswaan dan beberapa guru ini bertujuan untuk mengingatkan kembali para pelajar tentang perjuangan para pahlawan, dan peran vital Nahdlatul Ulama, santri dan kiai dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

Ketua PC IPNU Kota Pekanbaru, Digo Anugrah Rivai mengatakan, selain mengingat jasa para pahlawan, nonton bareng dan bedah film ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat nasionalisme dan sebagai sarana refleksi resolusi jihad NU, 22 Oktober 1945.

“Dengan diselenggarakan kegiatan ini, kita berharap para pelajar bisa lebih mengetahui sejarah perjuangan NU, santri dan kiai dalam mempertahankan kemerdekaan bangsa, serta bisa menumbuhkan rasa nasionalisme,” pungkas pria yang kerap disapa Digo itu.

Hal ini senada juga dengan yang disampaikan oleh Sekretaris PC IPNU Kota Pekanbaru, Muhammad Owen Maulana. Menurutnya, pertempuran 10 November 1945 di Surabaya tidak bisa dilepaskan dari Resolusi Jihad yang dikumandangkan oleh Hadrotussyeikh KH. Hasyim Asy’ari dan Nahdlatul Ulama.

“Resolusi Jihad 22 Oktober 1945, atau yang kita peringati sebagai Hari Santri Nasional tercatat sebagai salah satu narasi yang turut berkontribusi membakar semangat arek-arek Surabaya dalam pertempuran tersebut,” tegas pria yang juga mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN SUSKA Riau itu.

Sementara itu, Kepala Madrasah yang diwakili oleh Waka Kesiswaan MAN 4 Kota Pekanbaru, Zendri Hendri, M.Pd mengapresiasi terlaksananya kegiatan tersebut. Menurutnya, film tahun 2013 besutan Sutradara Rako Prijanto itu sesuai dengan materi sejarah Indonesia kelas XII pada Kompetensi Dasar (KD) 3.2 tentang perjuangan tokoh nasional dan daerah dalam mempertahankan keutuhan negara dan bangsa Indonesia.

Baca Juga:  Polda Riau Bekuk 3 Orang Pelaku Pencurian di Pertamina Hulu Rokan

“Kita juga meminta para siswa peserta bedah film ini untuk membuat resensinya, untuk kemudian dilakukan penilaian. Setelah itu, kita juga akan berikan hadiah bagi yang terbaik, pada kegiatan muhadhoroh, Jumat (11/11/2022) besok,” jelas Zendri.

Sebelum nonton bareng dan bedah film, ratusan siswa, guru dan tenaga kependidikan MAN 4 Kota Pekanbaru terlebih dulu mengikuti upacara bendera di lapangan depan MAN 4 Kota Pekanbaru.

Kepala MAN 4 Kota Pekanbaru Agus Salim Tanjung, MA menjadi inspektur upacara peringatan tersebut, dengan membacakan sambutan Menteri Sosial (Mensos) RI.

Dalam amanatnya menyebutkan, Hari Pahlawan yang setiap tahun diperingati, merupakan momentum renungan yang sungguh-sungguh untuk menemukan kembali jejak para Pahlawan dalam hidup berbangsa dan bernegara yang Merdeka.(rls) 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *