“Save Agus Salim” , Puluhan Masyarakat Rambah Hilir Datangi Kantor Bupati Rohul

Rohul423 views

ROHUL:Riaunet.com-Puluhan masyarakat kecamatan Rambah Hilir, yang bergabung dalam Aliansi Pemuda, Mahasiswa dan Masyarakat Rambah Hilir , Senin, 3 September 2018, gelar aksi damai didepan gerbang kantor Bupati Rokan Hulu, dalam rangka “Save Agus Salim”, dan meminta pemerintah kabupaten Rokan Hulu mengembalikan Agus Salim sebagai Camat Rambah Hilir.

Dalam pertemuan dilantai 3 kantor Bupati Rohul, yang dipimpin langsung oleh Kabag Hukum, Helfiskar, S.H, Kepala BKD M. Zaki, dan Kasat Pol-PP Andi, Aliansi Pemuda , Mahasiswa dan Masyarakat kecamatan Rambah Hilir , menyampaikan bahwa masyarakat 13 Desa di Kecamatan Rambah Hilir
keberatan jika Agus Salim dipindahkan. Dengan alasan;
1. Agus Salim putra terbaik Kecamatan Rambah Hilir kedua yang pernah menjabat Camat di Rambah Hilir setelah sebelumnya Junaidi .
2. Selama kurang lebih 7 bulan menjabat camat di Rambah Hilir, Agus Salim dinilai masyarakat sangat memahami keinginan masyarakat. Agus Salim juga salah satu Pucuk Suku dari 9 suku yang ada di kecamatan itu, bahkan telah menyusun strategi pengembangan kegiatan sosial dan kegiatan adat di Rambah Hilir. Masyarakat khawatir, dengan dipindahkannya Agus Salim, program itu tidak akan berjalan atau nantinya harus memulai dari awal lagi.

” Sebelum nya ada juga putra daerah yang jadi Camat Rambah Hilir, Junaidi. Cuma 3 bulan , kemudian digeser. Saat itu kami juga kecewa. Dan sekarang Agus Salim, baru 7 bulan, dipindahkan juga ke Kecamatan kepenuhan Hulu.” ungkap Korlap aksi, Andrizal

“Save Agus Salim, Camat Rambah Hilir.” merupakan reaksi masyarakat Rambah Hilir terhadap pelantikan eselon II dan eselon III yang berlangsung Jum’at pekan lalu, sekaligus menolak keputusan pemkab Rohul yang memindah tugaskan Camat Rambah Hilir, Agus Salim sebagai Camat di Kepenuhan Hulu.

Baca Juga:  Pengurus DPD Golkar Rohul Gelar Ramadhan Berbagi di Pasir Pengaraian Dan Di Ujungbatu

“Ibarat orang berkasih sayang, kami masyarakat rambah hilir sedang sayang-sayangnya pada Agus Salim sebagai Camat kami di Rambah Hilir. Akan tetapi pemerintah memisahkan kami. ” kata Andrizal

Dalam kesempatan itu, masyarakat Rambah Hilir memohon kepada pemerintah agar mengembalikan Agus Salim sebagai Camat Rambah Hilir, dan menginginkan Agus Salim memimpin 2-3 tahun yang akan datang. Karna masyarakat menilai kinerja Agus Salim dalam 7 bulan terakhir sangat bagus dan sangat berbaur dengan masyarakat.

“jika diberi nilai seperti disekolah, nilai Agus Salim selama menjabat 10,5. Nilai plusnya dibidang adat, dan pembinaan anak kemenakan.” ungkap salah seorang warga rambah hilir

Masyarakat rambah hilir juga mengaku, aksi ini dilakukan tanpa ada interpensi dari siapa pun. Masyarakat dengan sendirinya bergerak, setelah mendengar kabar Agus Salim dipindahkan.

” Kami minta Agus Salim menjadi camat Rambah Hilir, itu harga mati.” ucap pemuda Rambah Hilir

Menanggapi aspirasi masyarakat Rambah Hilir ini. Kabag hukum, Helfiskas, S.H, berterimakasih dengan aksi damai dan sikap demokrasi yang baik dalam penyampaian aspirasi oleh masyarakat Rambah Hilir ini dengan damai dan tanpa anarkis.

Kemudian Helfiskar menjelaskan Agus Salim dipindahkan bukan karena cacat kinerja, akan tetapi untuk jenjang karir kepegawaian, menuju kematangan dalam tingkat jabatan yang lebih tinggi.

” Agus Salim dipindahkan tidak lain adalah untuk penjenjangan karir beliau. Tidak karena dipolitisir. Secara kepegawaian, Agus Salim tidak akan mungkin selamanya bisa menjadi camat di Rambah Hilir. Agus Salim harus menjalani masa tugas di tempat yang berbeda-beda sebagai tuntutan sistem karir kepegawaian itu sendiri. Dengan ditempatkan di beberapa tempat, kedepan akan mematangkan seorang ASN itu untuk menjabat yang lebih tinggi, misalnya kepala dinas atau jabatan lainnya setingkat eselon II.” jelas Helfiskar

Baca Juga:  Gedung BLK Yayasan Muhammad Abduh Resmi Digunakan

Kepala Badan Kepegawaian, M. Zaki juga turut mengakui jika kinerja Agus Salim sangat bagus, sehingga sangat dicinta masyarakat Rambah Hilir. Kita berharap kinerjnya yang bagus itu dapat diterapkan ditempat yang lain pula, agar ada pengalaman baru untuk mematangkan diri menuju jabatan yang lebih baik.

Terpulang kepada camat yang baru, masyarakat belum memberikan kesempatan. Kalau seandainya camat baru sudah bertugas, kemudia. masyarakat tetal merasa tidak cocok atau keberatan, masyarakat bisa menyampaikan kembali kepada pemerintah.

” Pengganti Agus Salim, Zulhendri, sudah berpengalaman menjabat Camat di Kabun, Tambusai Utara, dan Pagaran Tapah. Dia juga memiliki kecakapan yang bagus dalam meminpin masyarakat. Jadi masyarakat Rambah Hilir diharap bisa memberi kesempatan Zulhendri untuk memimpin. ” jelad Zaki

Selain itu, dari hasil konfirmasi Kepala Badan Kepegawaian, Zaki, kepada Agus Salim sendiri, Agus Salim sendiri mengaku tidak ada masalah dengan dipindah tugaskan ke Kepenhhan Hulu. Agus salim mengaku siap menjalani tantangan di tempat kerjanya yang baru. [Na].

Komentar