oleh

Sekda Bengkalis Hadiri Rakornas Pengamanan Perbatasan Negara di Jakarta

Jakarta:Riaunet.com~Sekda Bengkalis,  Bustami HY hadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengamanan Perbatasan Negara tahun 2020, di Pullman Hotel Jakarta, Rabu (11/3/2020).

Adapun kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Republik Indonesia H. Mahfud MD, yang dihadiri juga oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tito Karnavian.

Menkopolhukam Mahfud MD mengatakan bahwa kegiatan ini sangat penting dilaksanakan guna mengetahui permasalahan yang berkaitan dengan batas negara.

“Negara Indonesia memiliki kedaulatan yang sangat kuat, baik dari daratan, lautan serta udara, dan akhir-akhir ini masih banyak negara asing yang mencoba memasuki negara kita tanpa izin, dan itu harus kita selesaikan,” katanya.

Persoalan batas negara bukan masalah yang bisa diselesaikan dengan peperangan, melainkan harus dengan cara pendekatan secara kesejahteraan.

“Karena jika kita perang dengan negara tetangga, itu bukan untuk menyelesaikan masalah melainkan menambah masalah. Dan kita Indonesia bersepakat bahwa akan menyelesaikan secara damai,” kata Mahfud.

Selanjutnha, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) mengatakan, Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo memiliki nawacita membangun Indonesia dari pinggiran. Yang dimaksud pinggiran disini, yakni wilayah perbatasan di Indonesia, daerah yang dekat dengan negara tetangga.

“Kita juga akan sinergis dan serius dalam melakukan pembenahan pada daerah perbatasan dan akan melibatkan seluruh instansi di pusat. Contohnya kita lihat daerah tersebut berpotensi pada bidang perikanan, maka kita akan melibatkan Kementerian Kelautan, jika daerah itu berpotensi pada bidang pariwisata maka kita akan melibatkan Kementerian Pariwisata, lalu jika daerah tersebut memiliki desa yang masih tertinggal, maka kita akan melibatkan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bengkalis usai menghadiri kegiatan tersebut mengatakan, Kabupaten Bengkalis sebagai suatu daerah yang dekat dengan wilayah perbatasan akan terus melakukan pemantauan khususnya pada batas laut di Selat Malaka.

Baca Juga:  NTB Kembali Digunjang Gempa 7.0 SR, Sampai Saat Ini Belum Ada Laporan Mengenai Korban

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk merumuskan strategi dan memberikan pemahaman tentang arah kebijakan pengamanan batas negara, supaya bisa menjaga teritorial dan kedaulatan perbatasan negara dengan baik, aman, tertib, dan dinamis,” ujarnya.

Jika kita melihat terjadi pelanggaran batas negara, pemerintah tentunya kita akan langsung melaporkannya kepada pihak terkait baik di Provinsi maupun di Pusat. (cok)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 − three =

Jangan Lewatkan