Terima Bantuan Alat Medis, Bupati Siak Harap Pelayanan Kesehatan Terus Meningkat

Siak154 views

SIAK:Riaunet.com~Bupati Siak Alfedri secara resmi membuka pelatihan penggunaan alat kesehatan dan integrasi layanan kesehatan primer di kabupaten Siak, kegiatan ini di taja PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), di Halaman Puskesmas Kecamatan Siak, Rabu (20/12/2023).

Manajemen PT RAPP Wan Jack mengatakan, bersama dengan Kementerian Kesehatan, PT RAPP bekerjasama untuk meningkatkan kualitas Pelayanan Kesehatan. Melalui penguatan Kualitas dan Kapasitas Puskesmas sehingga dapat memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM).

“Oleh karena itu, untuk menekan resiko kematian dini, ibu bersalin dan bayi baru lahir serta deteksi dini resiko stunting PT RAPP berkomitmen untuk melengkapi alat kesehatan yang diperlukan, dan memastikan kelengkapan kapasitas medis serta memonitoring kegunaan serta melihat dampak dari ketersediaan alat tersebut”, kata Wan Jack.

Terdapat 8 Puskesmas menerima bantuan alat kesehatan tersebut, untuk mengoperasionalkan alat ini, Kementerian Kesehatan RI, telah verivikasi untuk memastikan standar dan kesesuaian alat kesehatan, dan diiringi dengan pelatihan.

Bupati Siak Alfedri mengapresiasi PT RAPP yang peduli terhadap dunia kesehatan dan turut serta dalam menekan angka stunting di kabupaten Siak.

Manajemen juga membantu 22 Jenis alat kesehatan untuk 8 Puskesmas yang ada di Kabupaten Siak, sekaligus pelatihan penggunaan alat kesehatan bagi tenaga medis.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada manajemen RAPP yang turut membantu Pemkab dalam melengkapi fasilitas kesehatan untuk delapan Puskesmas,” ucap Bupati.

Alfedri menyampaikan bantuan alat Kesehatan ini sangat diperlukan Pemerintah Kabupaten Siak, dalam rangka mendukung layanan terbaik kepada masyarakat di bidang kesehatan, guna menjamin kesehatan masyarakat Kabupaten Siak khususnya Ibu dan Anak.

Selain alat Kesehatan Medis, tambah Alfedri, Sumber Daya Manusia (SDM) juga sangat mendukung untuk meningkatkan pelayanan di bidang kesehatan kepada masyarakat.

Baca Juga:  Di Jumat Berkah, Polsek Tualang Terus Berbagi Kepada Sesama

“Kalau alat dah bagus tapi petugas atau SDM nya kurang, sama aja tidak mendukung. Karena itu di tahun 2023 ini, Pemerintah Kabupaten Siak mengangkat 500 orang tenaga kesehatan dengan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Yang akan di tempatkan sesuai dengan kebutuhan di seluruh puskesmas dan rumah sakit Type D se-Kabupaten Siak”, jelasnya.

Dengan adanya Alat Medis bantuan dari PT RAPP tersebut, Bupati Alfedri berharap Pelayanan kepada masyarakat khususnya di bidang Kesehatan terus meningkat.

“Dengan bantuan alat dan pelatihan penggunaan alat ini, saya berharap pelayan kita terus meningkat dan juga angka Stunting di Kabupaten Siak bisa terus turun dan di antisipasi sejak dini. Saya ucapkan terimakasih kembali kepada PT RAPP atas bantuan Alat Medis ini”, harap Alfedri.

Bantuan alkes berjumlah 22 jenis dengan total item 222 alat kesehatan, peruntukannya khususnya untuk Kesehatan Ibu dan Anak (KIA). Yang akan diserahkan untuk 8 Puskesmas yakni Puskesmas Dayun, Puskesmas Sungai Apit, Puskesmas Mengkapan, Puskesmas Sungai Mandau, Puskesmas Kerinci Kanan, Puskesmas Lubuk Dalam, Puskesmas Siak dan Puskesmas Koto Gasib.

Puskesmas menjadi ujung tombak utama dari sistem kesehatan dalam menjangkau dan memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Direktorat Takelmas Kemenkes RI Chandra Rudyanto, Direktorat Promkes dan PM Kemenkes RI Syahrul Effendi, Direktorat Promkes & PM Kemenkes RI Heni Rudiyanti, Direktorat Promkes & PM Kemenkes RI Made Diah, Kadis Kesehatan Kabupaten Siak Benny Chairuddin, serta tamu undangan lainnya.

(rls)

Komentar