oleh

Terkait Covid-19 di Inhu, Ada 65 ODP Yang Tersebar di 14 Kecamatan

tour_de'

INHU:Riaunet.com~Wakil Bupati Inhu, Khairizal menyampaikan laporan kepada Gubernur Riau melalui video confrence, bahwa hingga Senin (23/3), ada 65 Orang Dalam Pengawasan (ODP) di Kabupaten Inhu.

Ini disampaikan Wakil Bupati Indragiri Hulu (Inhu), Khairizal saat menggelar video conference bersama Gubernur Riau Syamsuar, Senin (23/3/2020).

“Ya saat ini ada 65 ODP di Kabupaten Inhu yang tersebar di 14 kecamatan, dan senantiasa kita monitor selama 24 jam,” kata Khairizal. Selain itu ada dua orang yang baru pulang dari Malaysia juga sudah dicek kesehatannya.

Terkait 65 ODP tersebut juga dibenarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Inhu, Elis Julinarti.

Dikatakam Elis bahwa 65 orang tersebut adalah orang-orang yang baru pulang dari luar negeri ataupun daerah yang sudah terinfeksi.

“65 orang itu ada mahasiswa dan siswa yang liburan dan pulang kampung serta orang-orang yang baru pulang dari luar negeri,” sebutnya.

Elis Julinarti menyebutkan bahwa pengawasan yang dilakukan melibatkan seluruh Puskesmas yang ada di Kecamatan. ODP merupakan singkatan dari Orang Dalam Pemantauan.
Menurut Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Corona, Achmad Yurianto, orang yang berstatus ODP belum menunjukkan gejala sakit. Namun, ODP sempat bepergian ke negara episentrum virus corona atau sempat melakukan kontak dengan orang yang diduga positif corona.

Sehingga ODP perlu untuk dilakukan pemantauan. Sedangkan PDP merupakan singkatan dari Pasien Dalam Pengawasan.

PDP biasanya telah menunjukkan gejala terinfeksi virus Covid-19. Mulai dari demam, batuk, pilek, hingga sesak napas. Seseorang yang ditetapkan sebagai PDP wajib diberikan pengawasan dengan baik, karena sudah menjadi pasien. (Zn)

Baca Juga:  PT. Runggu Prima Jaya Rambah Hutan Lindung Bukit Betabuh Inhu Sejumlah Wartawan Dibungkam

Komentar

Jangan Lewatkan