oleh

19 Orang Anak Kemenakan Di Rohul Akan Ditabalkan Gelar Adat

-Rohul-149 views

Rohul:Riaunet.com-Lembaga Adat Melayu Riau Kabupaten Rokan Hulu bersama Lembaga Kerapatan Adat Luhak Rambah, akan menabalkan gelar adat kepada 19 orang anak kemenakan yang dinilai berprestasi dan peduli terhadap adat istiadat di Negeri Seribu Suluk.

Gelar kehormatan yang akan ditabalkan pada besok, Sabtu 15 Januari 2022 ini, terdiri dari beberapa penggelaran. Ada gelar adat yang dari LKA Luhak Rambah, gelar adat dari Sutan Mahmud Napitu Huta, ada gelar adat dari Suku Muniliang , dan gelar adat dari Suku Ampu.

“Gelar adat, gelar kehormatan ini diberikan kepada anak kemenakan karena 2 perkara, yakni anak kemenakan sudah berbuat untuk negerinya dan yang kedua gelar adat untuk memotivasi anak kemenakan agar perduli dengan adat istiadat yang ada di negerinya. Yang diberi gelar adat hari besok itu, sebanyak 19 orang.” Ujar Ketua Panitia , Marjeni

Lebih lanjut ketua panitia menyebutkan, 19 orang anak kemenakan yang akan ditabalkan gelar adat tersebut diantaranya Gustian Riau yang merupakan Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian di Kota Batam, Samson Rambah Pasir merupakan Seniman dan Sastrawan multi talenta yang berkiprah di Batam, Muspidawan pejabat di Kejati Riau, dan Kapolres Rokan Hulu, Eko wimpiyanto.

Kemudian dari jajaran parlement, anak kemenakan yang dianugerahi gelar adat yakni Anggota DPRD Provinsi Riau Sariantoni S.H, Wakil Ketua DPRD Riau, H.Saripuddin Poti SH.

Dari kalangan tokoh masyarakat, Kepala Desa Babussalam Basron, Ketua penggawa Melayu Riau Kabupaten Rokan Hulu, Alirman, Afrizal Anwar, Samsul Akmal SH, Yusri ST, MT, H.Erkat, Herman, dan Nasir.

Gelar adat juga dikaruniakan kepada anak kemenakan dari golongan kaum wanita yang dianggap berjasa membangun Rokan hulu yakni Anggota DPRD Rokan Hulu Hj.Sumiartini , Dr.Desmelati, Anggota DPRD Rokan Hulu Hj Hasmeri Yulinawati , dan mantan anggota DPRD Rokan Hulu periode 2014-2019, Kasmawati M.IP,

Baca Juga:  Kodim 0303/Bengkalis Babinsa Koramil 07/Bukit Batu Melakukan Patroli Cegah Karhutla Di Desa Pakning Asal

Selain penabalan gelar adat, juga akan dilaksanakan Pelantikan Pucuk Suku Ampu ,Pucuk Suku Muniliang, Pucuk Suku Pungkuik , dan Pucuk Suku Bonuo, serta pelantikan Induk Suku Ampu, dan Induk Suku Bangsawan.

Untuk upacara adat tersebut, panitia memotong 3 ekor kerbau.(Na) 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

4 × 5 =

Jangan Lewatkan