Hafizh Al-qur’an Tunanetra Asal Sampurna Alam, Marlis Butuh Bantuan Pendidikan

Rohul245 views

ROHUL:Riaunet.com~Penghafal Al-qur’an asal Desa Sampurna Alam , Kecamatan Rambah Hilir, Kabupaten Rokan Hulu, Marlis, membutuhkan pendidikan yang layak , sesuai dengan kondisinya penyandang tunanetra sejak dari dalam kandungan.

Informasi ini terkuak saat anggota DPRD Rokan Hulu, Baihaqi Adhuha LC melaksanakan reses di Desa Serombou Indah, kecamatan Rambah Hilir, Kamis 23 Agustus 2018. Pada acara itu, Marlis menjadi Qori sebagai pembuka acara reses.

Marlis membacakan ayat alqur’an tanpa penglihatan. Hanya bermodalkan hafalan. Lantunan ayat suci Al-Qur’an yang merdu dari Marlis, membuat seluruh masyarakat yang hadir dalam acara itu merasa terharu, termasuk anggota DPRD Rohul , Baihaqi Adhdhuha sendiri.

” kita yang punya mata normal saja tidak bisa menghafal Al-qur’an seindah yang dibacakan Marlis. Akan tetapi, anak ini dengan keterbatasannya, maaf yakni tidak bisa melihat sejak dari dalam kandungan, bisa menghafal Al-qur’an dengan benar dan dengan suara yang merdu sekali. ” kata Baihaqi

Abang Marlis bernama Sahri , mengatakan bahwa Marlis Pandai mengaji dan menghafal Al-Qur’an karena belajar dari mendengarkan lantunan ayat ayat Al-Qur’an di Hand Phone , dan diusianya yang 19 tahun ini, Marlis sudah belajar dari Al-qur’an Digital.

Anak petani miskin , Abdul Muas dan ibu Iyan , yang tinggal di RT 1/ RW 1 Dusun 1 , Desa sampurna alam ini, duduk dibangku kelas 1 SMP di Sekolah Luar Biasa (SLB) Aur Betung . Dalam hal menjalani pendidikan, Marlis mengalami banyak hambatan meski biaya pendidikan sudah digratiskan oleh pihak yayasan SLB Aur Betung.

” Usianya sudah 19 tahun, seharusnya sudah Tamat SMA. Akan tetapi karena terkendala biaya, maka sekolahnya terbengkalai, sehingga saat ini masih duduk di bangku kelas 1 SMP. Itupun banyak kendala, karena Marlis tunanetra, setiap hari harus di antar jemput. Yang bisa mengantar jemput tak ada. Orang tua dan saya bekerja, menyadap karet. Sedangkan kalau menyewa rumah kontrakan di kawasan sekolah, biaya tidak ada. Itulah kendala kami dari pihak keluarga.” ungkap sang abang, Sahri

Baca Juga:  Masyarakat Kota Intan Tolak Perpanjangan HGU PT. SAI

Marlis juga qori yang berprestasi. Salah satu prestasinya, mernah mendapat juara 3 Tahfizh Al-Qur’an dalam acara pekan semarak Romadhon Tingkat Kabupaten Rokan Hulu Tahun 2018 yang dilaksanakan di Islamic Centre Rokan Hulu.

Anak malang ini, sangat berharap dapat mengenyam pendidikan di SMPN Tahfizh Islamic Centre Rokan Hulu.

“Marlis memiliki keterbatasan, kemana-mana membutuhkan pendampingan, termasuk dalam menjalani pendidikan disekolah, harus ada yang mendampingi. Yang bisa mengantar dia ke tempat duduknya, ke wc dan lain sebagainya.” tandas Sahri. [Na].

Komentar