Baznas Rohul Salurkan Bantuan Rp.2.150.000.000 Kepada Masyarakat

Advertorial, Rohul344 views

Rohul:Riaunet.com-Baznas Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) sampaikan Distribusi bantuan Zakat Produktif kepada Masyarakat yang membutuhkan langsung yang bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kabupaten Rokan Hulu, Selasa (14/11/2023).

Penyerahan Distribusi Bantuan dari Baznas Rokan Hulu ini diserahkan secara simbolis oleh Bupati Rokan Hulu H.Sukiman didampingi Wakil Bupati Rokan Hulu H.Indra Gunawan, Ketua Baznas Rokan hulu H.Baihaqi, Kepala Dinas Kominfo H.Sofwan, S.Sos, Kadis Sosial P3A Damri Poti beserta Wakil Ketua Baznas.

Adapun bantuan yang disalurkan Baznas berupa Rehab Rumah, Bantuan Usaha Produktif, Bantuan Mubaligh, Serta Bantuan bagi Guru Mengaji tahun 2023. Dengan total Rp.2.150.000.000.

Bupati Rokan Hulu, H Sukiman mengaku sangat mengapresiasi kinerja Baznas Kabupaten Rokan Hulu yang telah bekerja keras dengan semangat yang tulus serta ikhlas dalam mendistribusikan bantuan zakat produktif dan sedekah kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Bantuan zakat yang disalurkan oleh Baznas pada hari ini tidak hanya sekadar bantuan materi, tetapi juga merupakan simbol dari kepedulian dan kasih sayang antar sesama umat dan kami merasakan sentuhan tangan yang ikhlas dan hangat dari setiap individu yang terlibat dalam program ini,” kata Bupati

Dengan kerja keras dan semangat yang tulus, diakui Bupati Sukiman, Baznas telah menjadi jembatan pemberian zakat dan sedekah bagi mereka yang berhak menjadi penerimanya.

“Distribusi bantuan zakat ini berasal dari gaji PNS yang ada di Kabupaten Rokan Hulu yang dipotong setiap bulannya, dan kita juga telah menyebarkan surat edaran baik kepada Camat, Kades atau Lurah yang ada di Kabupaten Rokan Hulu sebelumnya untuk dapat menyalurkan zakatnya ke Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Rokan Hulu, agar dapat dikelola dengan baik dan lebih terarah,” kata Sukiman lagi.

Baca Juga:  Masyarakat Kota Intan Tolak Perpanjangan HGU PT. SAI

Distribusi bantuan zakat produktif tahun 2023 ini disampaikan Bupati disalurkan dalam tiga kriteria yakni, rehab rumah, bantuan usaha produktif serta Bantuan Mubaligh dan Guru mengaji yang ada di Kabupaten Rokan Hulu.

“Selain itu, nantinya juga ada penyaluran bantuan ke Palestina, dimana nantinya kita akan buatkan surat edaran kepada masyarakat terkhusus Camat, Kades dan Lurah agar dapat memberi pengertian kepada masyarakat yang mampu agar dapat ikut berkontribusi menyalurkan bantuan kepada saudara kita di Palestina yang saat ini tengah membutuhkan bantuan kita bersama,” pungkas Bupati.

Sementara itu, Ketua Baznas Rohul, H Baihaqi Adhdhuha Lc saat diwawancara oleh awak media, mengaku hingga per Oktober 2023, Baznas Kabupaten Rokan Hulu berhasil mengumpulkan Zakat, Infaq dan Shodaqoh sebanyak Rp 8 M lebih.

“Tonggak zakat ini berasal dari Zakat gaji dan tunjangan para ASN yang ada di Kabupaten Rokan Hulu, dan selebihnya berasal dari zakat orang maupun lembaga yang mampu di Kabupaten Rokan Hulu,” jelasnya.

Adapun pendistribusian bantuan zakat yang disalurkan Baznas Rohul pada waktu itu, diakui Baihaqi sebanyak Rp 2.150.000.000 yang terbagi dalam beberapa kategori mustahiq, yakni bantuan Usaha produktif, rehab rumah, serta bantuan mubaliqh dan guru mengaji yang ada di Kabupaten Rokan Hulu.

“Untuk Rehab Rumah, itu kita menggunakan zonasi, dimana bantuan yang diberikan diantara kisaran Rp 21.000.000 hingga Rp 23.000.000 per penerima manfaat, sedangkan untuk UMKM pagu tertingginya sebesar Rp 10.000.000, namun akan kita salurkan sesuai dengan apa yang dibutuhkan, sedangkan untuk Mubaligh dan Guru mengaji kita salurkan sebanyak Rp 500.000 per orang,” jelasnya.

Ketua Baznas Rohul menjelaskan bahwa hingga per Oktober 2023, Baznas Kabupaten Rokan Hulu telah mendistribusikan Rp 5 M lebih bagi penerima manfaat Baznas yang ada di Kabupaten Rokan Hulu. ( adv pemkab Rohul)

Baca Juga:  Hari Dharma Wanita Persatuan Ke-20 Tahun 2019, Sukiman: Laksanakan Tugas Dengan Baik

Komentar