oleh

Inilah Tradisi Jemaat Gereja HKBP Pasir Pengarian Jelang Peryaan Natal

-Rohul-13 views
tour_de'

Rokan Hulu:Riaunet.com~Dalam menyambut perayaan Natal, umat Gereja HKBP Resort Exaudi Pasirpengaraian, Desa Suka Maju Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu memiliki tradisi tersendiri, Selasa malam (24/12/2019).

Jelang dan sebelum mereka memeriahkan perayaan Natal, ratusan jemaat di Gereja HKBP Resort Exaudi Pasirpengaraian terlebih dahulu melaksanakan tradisi makan bersama.

Dalam tradisi ini, menu yang disajikan seragam yaitu gulai ikan. Sajian tersebut disantap seluruh jemaat, mulai dari anak-anak, remaja hingga orang tua.

Pendeta Gereja HKBP Resort Exaudi Rohul, Bachtiar Gultom mengatakan,  makan bersama merupakan wujud rasa syukur serta perekat tali persaudaraan antara para jemaat Gereja.

“Jadi, pada saat menjelang malam natal gereja kita yang ada di pasirpengaraian ini membewa tradisi dari kampung halaman, yaitu makan bersama,” katanya.

“Makan bersama yaitu bersama-sama majelis jemaat dan semua anggota jemaat, mulai dari anak-anak, remaja, pemuda pemudi serta kaum bapak dan ibu,” Tambahnya.
 
TNI POLRI BERSAMA ORMAS IPBR

Setelah makan bersama, ratusan jemaat kemudian bersiap melaksanakan ibadah natal di Gereja HKBP Resort Exaudi Pasirpengaraian.

Sebelum ibadah dimulai, puluhan personel yang dipimpin Kapolsek Rambah IPTU P. Simatupang terdiri dari Babinsa TNI dari Koramil 02 Rambah Kodim 0313/KPR Koptu Dedy Nofery. Samosir bersama ormas IPBR (Ikatan Pemuda Batak Rokan Hulu) ikut membantu Polsek Rambah melakukan sterilisasi di sekitar gereja untuk mencegah adanya benda-benda yang mencurigakan.

Setelah dipastikan steril, puluhan personel Polri dari berbagai satuan fungsi, yang didukung petugas dari TNI dan Ormas IPBR segera melakukan pengamanan dan penjagaan.

“Kegiatan pengamanan dan sterilisasi ini untuk memberikan rasa aman kepada para jemaat yang akan beribadah di gereja,”kata Kapolsek Rambah, IPTU P. Simatupang.

Baca Juga:  Bunda PAUD Rohul Serahkan Perangkat Alat Edukatif

“Kita dibantu dari TNI, ormas maupun para pemuda gereja, ada sekitar dua puluh orang dalam mengamankan perayaan natal saat ini,” Tambahnya..

Pantauan riaunet.com dilapangan bahwa TNI POLRI bersama Ormas IPBR melaksanakan pengamanan parayaan natal di Gereja HKBP Resort Exaudi Pasirpengaraian. (des)

Komentar

Jangan Lewatkan