oleh

(OPINI) Peran Perempuan Dalam Menunjang Perekonomian Keluarga Melalui Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Di Kelurahan Rawang Empat Kecamatan Bandar Petalangan Kabupaten Pelalawan

tour_de'

Penulis : Rosmita, S.Sos., M.Si (Dosen Administrasi Perkantoran Fisipol UIR) Waktu : 04 September 2019

Pekanbaru:Riaunet.com– Peran Perempuan adalah serangkaian perilaku yang diharapkan sesuai dengan posisi sosial yang diberikan kepada perempuan. Peran menerangkan pada apa yang harus dilakukan wanita dalam suatu situasi tertentu agar dapat memenuhi harapan mereka sendiri dan harapan orang lain.

Pemberdayaan perempuan saat ini menjadi topik hangat mengingat gencarnya kampanye peningkatan fungsi perempuan adalah sektor penting. Satu hal yang kemudian menjadi momok dalam rangka pemenuhan berbagai tuntutan tersebut ialah kenyataan bahwa rata-rata perempuan khususnya yang tinggal dipedesaan memiliki tingkat pendidikan yang rendah.

Artinya, karena secara biologis perempuan dan laki-laki berbeda maka fungsi-fungsi sosial ataupun kerja dengan masyarakat pun di ciptakan berbeda. Laki-laki selalu dikaitkan dengan fungsi dan tugas di luar rumah, sedangkan perempuan yang berkodrat melahirkan ada di dalam rumah, mengerjakan urusan domestik saja.

Untuk membantu ekonomi keluarga peran perempuan sangat dibutuhkan terutama dalam hal membantu menambah penghasilan keluarga, salah satu upaya dalam meningkatkan perekonomian keluarga ialah dengan memberdayakan ibu rumah tangga untuk mengolah sampah rumah tangga itu sendiri. Sampah adalah sisa dari suatu proses yang dianggap sudah tidak terpakai dan tidak memiliki manfaat lagi, dari beberapa data yang telah ditemukan diketahui bahwa sebenarnya pengelolaan sampah belum ditangani secara maksimal.

Oleh karena itu salah satu Dosen dari Fisipol UIR, Rosmita, S.Sos., M.Si pada kegiatan Pengabdian Masyarakat mencoba mengaplikasikan nya pada masyarakat.

Kegiatan pengabdian yang dilaksanakan tersebut bertema “Peran Perempuan dalam Menunjang Perekonomian Keluarga melalui Pengelolaan Sampah Rumah Tangga di Kelurahan Rawang Empat Kecamatan Bandar Petalangan Kabupaten Pelalawan”.

Kegiatan pengabdian Peran Perempuan dalam Menunjang Perekonomian Keluarga melalui Pengelolaan Sampah Rumah Tangga di Kelurahan Rawang Empat Kecamatan Bandar Petalangan Kabupaten Pelalawan telah dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 10 Juli 2019. Kegiatan dilaksanakan di Aula Kantor Camat Bandar Petalangan Kabupaten Pelalawan yang dihadiri oleh Sekretaris Camat, Sekretaris Lurah, Aparat-aparat Desa, Tokoh Masyarakat dan Masyarakat dan Ibu-ibu Rumah Tangga, Kelurahan Rawang Empat Kecamatan Bandar Petalangan Kabupaten Pelalawan.

Baca Juga:  Lembaga Pendidikan Mahasiswa Islam HMI Cabang Pekanbaru Sukses Gelar Acara Upgrading dan Camping

Dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukan di Kelurahan Rawang Empat Kecamatan Bandar Petalangan Kabupaten Pelalawan dengan judul “Peran Perempuan dalam Menunjang Perekonomian Keluarga melalui Pengelolaan Sampah Rumah Tangga” didapati hasil yakni:

Pertama, dengan melakukan penyuluhan mengenai Peran perempuan dalam menunjang perekonomian keluarga melalui Pengelolaan sampah rumah tangga, diharapkan dapat memberikan motivasi kepada perempuan untuk lebih berperan aktif dan membantu keluarga dalam meningkatkan perekonomian.

Kedua, Perempuan dapat lebih bijak dalam memilah sampah sesuai dengan jenisnya baik sampah padat atau sisa aktifitas manusia baik organik (sampah basah) maupun anorganik (sampah kering) yang masih memerlukan pengelolaan agar tidak menimbulkan masalah lingkungan.

Ketiga, Menjadikan sampah (barang bekas) menjadi barang yang berhasil dan bernilai guna. Empat Perlunya dukungan modal dari Mitra dan Pemerintah untuk membuat Bank Sampah. (Rls).

Komentar

Jangan Lewatkan