oleh

DLH Kabupaten Bengkalis Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Pantai Selat Baru

tour_de'
BENGKALIS:Riaunet.com~ Pulahan petugas THL ( tenaga harian lepas) dan pegawai dinas lingkungan Hidup dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bengkalis melakukan aksi bersih-bersih di Pantai Selat Baru, Kecamatan Bantan, Minggu (23/2/2020).

Aksi tersebut dilakukan bersempena dengan Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2020.

Seluruh petugas DLH yang hadir membersihkan dan memungut serta memilah sambah organik dan non organik.

Selain kawasan sekitaran objek wisata terkenal di Pulau Bengkalis itu dibersihkan dari sampah, warung-warung yang berada di sana tak luput dari pembersihan petugas DLH.

“Hari ini kita agendakan kegiatan pembersihan sampah di Pantai Selat Baru dalam rangka peringatan HPSN yang jatuh pada tanggal 21 Februari 2020 kemarin. Melalui kegiatan seperti ini kita harapkan kepedulian kita terhadap kebersihan dan memanfaatkan sampah yang masih punya nilai dapat ditingkatkan,” ujar Azmar, Kasi Penanganan Sampah kepada riaunet.com.

Azmar menjelaskan juga bahwa sampah non organik dari aksi bersih-bersih hari ini akan diolah oleh petugas Bank Sampah DLH kabupaten Bengkalis nantinya.

“Untuk mengangkut sampah-sampah ini kita akan gunakan empat armada angkut. Dimana sampah ini sudah melalui proses pemilahan, non organik kita serahkan Bank Sampah,” katanya.

Sementara itu, ditempat yang sama  Nurhasananah, S.Si, Kasi pengurangan Sampah mengatakan, aksi bersih-bersih tersebut terkumpul sampah non organik berupa plastik bekas minuman dan plastik keras sekitar 20 kg, almunium 7 kg, besi 15 kg dan sampah lainnya.

“Selain mengumpulkan sampah, aksi ini juga melakukan pemisahan sampah an organik dan organik. Sampah yang terkumpul, terutama yang masih punya nilai ekonomi, dijual ke pengepul atau ditabung ke bank sampah,” ujarnya.

Untuk sampah seperti kayu, sabut dan tempurung kelapa muda dan sampah lainnya diangkut ke tempat pembuangan akhir (TPA) yang sudah disediakan.

Baca Juga:  Masjid di Bengkalis Mendapat Bantuan Dari Corporate Social Responsibility (CRS) dari Bank Mandiri Bengkalis.
Azmar, S.Kom, M.IP Kepala Seksi Penanganan Sampah Saat Aksi Bersih-Bersih
Azmar, S.Kom, M.IP Kepala Seksi Penanganan Sampah Saat Aksi Bersih-Bersih

Bengkalis terus melakukan sosialisasi pengurangan sampah sesuai dengan target dalam Jakstrada Kabupaten Bengkalis melalui Perbup No 38 Tahun 2018, target pengurangan di tahun 2020 sebesar 22 persen.

”Alhamdulillah, kesadaran masyarakat Bengkalis akan pentingnya pengelolaan sampah ini semakin tinggi. Bahkan partisipasi masyarakat terus meningkat seperti yang dilakukan hari ini dimana peserta aksi peduli lingkungan diikuti lebih 100 orang. Ini sesuai dengan dengan motto Dinas Lingkungan Hidup Bengkalis, yakni Bersih, Bersih Sampah Untuk Amal Ibadah (SUAI),” Ucapnya.  (red)

Komentar

Jangan Lewatkan