oleh

Pemkab Siak dan Dandim 0303 Bengkalis Gelar Upacara Virtual HUT TNI Ke-75 Bersama Presiden RI

-Siak-22 views

SIAK:Riaunet.com~Sekretaris Daerah (Setda) Kabupaten Siak Arfan Usman bersama Dandim 0303 Bengkalis, Letkol Inf Lizardo Gumay mengikuti upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Tentara Nasional Indonesia (TNI) secara virtual bersama Presiden RI Joko Widodo di Ruang Virtual Dandim 0303 Bengkalis, Senin (5/10/2020).

Tidak seperti di tahun-tahun sebelumnya, upacara yang digelar meriah di lokasi terbuka dengan mengundang warga, kali ini peringatan digelar secara virtual, mengingat situasi pandemi COVID-19 masih mengkhawatirkan.

Usai mengikuti upacara virtual, SetdaKab Siak, Arfan Usman mengatakan, upacara HUT TNI kali ini di pimpin langsung oleh Presiden yang di dampingi Wakil Presiden RI.

“Upacara virtual HUT TNI ke-75 tadi, dipimpin Presiden Joko Widodo sebagai inspektur upacara yang didampingi Wakil Presiden Bapak Kyai Ma’ruf Amin serta jajaran Mentri Kabinet Indonesia Maju,” ujarnya.

Arfan mengapresiasi kepada para Prajurit TNI, terutama yang bertugas di wilayah hukum Kabupaten Siak yang telah melaksanakan tugas menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, terlebih sebagai pelopor pengendalian dan pencegahan covid-19 di Kabupaten Siak.

“Saya, mewakili bapak Pjs.Bupati dan masyarakat Kabupaten Siak, mengucapkan tahniah HUT ke-75 TNI,sekaligus saya sangat mengapresiasi para Prajurit TNI terutama yang bertugas di wilayah hukum Kabupaten Siak yang telah bertugas menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, serta menjadi pelopor pengendalian dan pencegahan covid-19, sehingga covid-19 di Kabupaten Siak dapat di kendalikan dengan baik,” Ucap Setda.

Pada sebelumnya, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo saat memberikan amanatnya menyampaikan dahsyatnya wabah covid-19 yang telah memporak-porandakan tatanan kehidupan dunia, yang itu merupakan tugas berat aparat TNI bersama Polri,dan seluruh lapisan masyarakat guna mngendalikannya secara bersama-sama.

“Seluruh dunia, termasuk kita di Indonesia, kini berkubang dalam perang melawan COVID-19, musuh tak kasat mata yang meporak-porandakan hampir semua tatanan kehidupan ini, tugas kita bersama, baik TNI, Polri serta seluruh lapisan masyarakat dalam mengendalikannya,” kata Presiden RI Joko Widodo

Baca Juga:  Pengukuhan Pemangku Adat Kampung Sungai Berbari Ikut Dihadiri Oleh Gubri dan Bupati Alfedri

Jokowi juga mengapresiasi peran TNI selama ini dalam menghadapi pandemi COVID-19. Dari membantu mendisiplinkan warga untuk mematuhi protokol kesehatan hingga ikut menegakkan aturan di daerah yang menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

“Di tengah suasana itu, kita patut memberi apresiasi yang tinggi kepada Tentara Nasional Indonesia atas berbagai perannya, dari membantu mendisiplinkan masyarakat mematuhi protokol kesehatan, ikut menegakkan aturan di daerah-daerah yang menerapkan PSBB, sampai menjalankan operasi kemanusiaan dalam upaya menghentikan penyebaran virus COVID-19,” ujarnya.

Joko Widodo berharap TNI selalu bersikap profesional. Dia juga berharap agar TNI selalu menjadi kebanggaan rakyat Indonesia.

“Dirgahayu TNI. Teruslah menjadi tentara profesional dan menjadi kebanggaan rakyat,” ungkap Presiden Joko Widodo bersemangat.

Dalam giat ini juga dilaksanakan Bakti Sosial (setelah pelaksanaan upacara virtual usai) oleh Dandim 0303 Bengkalis,yakni sunat massal bagi anak-anak,terutama yang tinggal di sekitar Markas Dandim 0303 Bengkalis yang berjumlah puluhan anak.

Yang pada pelaksanaan Baksos Sunat Massal ini, Sekda Kabupaten Siak Arfan Usman  berkesempatan melihat sekaligus melakukan sunat terhadap salah satu peserta sunat massal.

Upacara virtual ini juga di hadiri oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto didampingi tiga pimpinan matra TNI, yaitu KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa, KSAL Laksamana TNI Yudo Margono, dan KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, serta pejabat negara lainnya.Serta Unsur Forkopimda Kabupaten Bengkalis,dan seluruh Prajurit TNI Dandim 0303 Bengkalis.  (rdk)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

13 − 9 =

Jangan Lewatkan