oleh

Pengabdian Kepada Masyarakat, Dosen HI UIR Lakukan Sosialisasi Strategi Rantai Nilai Global Terhadap Produk Lokal

Pekanbaru:Riaunet.com- Dosen Program Studi Hubungan Internasional (HI) Universitas Islam Riau (UIR) melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Desa Pulau Gadang Kabupatan Kampar. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Juni 2021, oleh Tim dari jurusan Hubungan Internasional FISIPOL UIR, Artha Yudilla S.I.P, M.A.

Adapun kegiatan yang dilakukan berupa sosialisasi terkait strategi rantai nilai global terhadap produk lokal agar bisa bersaing secara nasional maupun internasional.

Pada Rabu (29/09/2021), Artha kepada Riaunet.com mengatakan, Desa Pulau Gadang memiliki potensi yang sangat besar apabila dapat dikembangkan. Olahan khas patin dan nenas telah menjadi andalan produk lokal sejak lama. Dengan menerapkan starategi rantai nilai global dimana identifikasi rents, governance, serta upgrading yang tepat dapat membuat produk lokal bernilai saing tinggi.

Oleh karena itu Artha menghimbau adanya kerjasama baik antara stakeholder dengan pelaku bisnis UMKM. Kepedulian pemerintah lokal dalam bentuk penyuluhan SDM, bantuan pendanaan maupun teknologi sangat diperlukan sebagai bentuk upgrading yang nantinya akan membantu meningkatkan nilai jual produk. Ucapnya

Selain itu, desa Pulau Gadang sebenarnya juga memiliki potensi alam yang sangat baik dengan beberapa tempat pariwisata yang sudah cukup dikenal seperti, Ulu Kasok (Raja ampat Riau), Teaian Mahliha dan Danau Rusa. Semakin membaiknya industri pariwisata ini juga seharusnya berbanding lurus dengan industri UMKM produk lokal karena isndudtri pariwisata ini membuak marker yang lebih luas untuk industri UMKM produk lokal. Tutup Artha. (rdk)

Baca Juga:  Organisasi Mahasiswa Se-Fisipol UIR Resmi Dilantik

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fifteen + two =

Jangan Lewatkan